Why Satan is Called father of lies? Kenapa Setan disebut bapak pendusta?

Si musuh, yaitu setan kita sebut bapak pendusta.

Yoh 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, u  dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Kalau pencuri atau setan tujuannya mencuri membunuh dan membinasakan kita, kenapa dia tidak melakukannya saja pada kita? Sebenarnya apa yang terjadi di kayu salib terhadap si setan? Saya pernah diajar bahwa setan telah kalah total, dia sudah tidak memiliki senjata lagi untuk menyerang kita. Bagaimana dengan tugas dan keinginannya di dunia untuk membinasakan kita?

Apabila kita menghadapi seseorang jahat yang mengingini harta kita. Apa yang dia akan lakukan? Kalau orang jahat tersebut memiliki senjata dan anda sedang berdua dengan si orang jahat itu, kemungkinan besar dia akan menodongkan senjata itu dan meminta anda menyerahkan harta yang dia ingini.

Tetapi kini marak cerita akan orang yang baik melalui telpon,sms, atau berhadapan dengan kita, melakukan penipuan yang keji, sehingga kita menderita kerugian. Mengapa orang ini menipu? Kenapa dia tidak saja meminta kita menyerahkan harta benda kita? Sebabnya adalah karena dia tidak mempunyai senjata untuk menakuti kita.

1 Pet 5:8 Sadarlah  dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis 1 , berjalan keliling t  sama seperti singa u  yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Coba kita perhatikan ayat diatas.  Mengapa Ibllis tidak menelan saja siapa saja yang dia mau telan? Mengapa dia harus mencari orang yang dapat ditelannya? Artinya bahwa ada orang dapat ditelannya, dan ada orang yang tidak dapat ditelan. Nah sekarang siapa yang dapat ditelan?

Coba kita pikirkan dalam2 beberapa fakta dibawah, dan mari kita ambil kesimpulan:

1. Iblis datang untuk mencuri membunuh dan membinasakan.

2. Iblis sudah tidak memiliki senjata.

3. Iblis adalah bapak pendusta.

4. Tidak semua orang bisa ditelannya.

Saya berkesimpulan bahwa, orang yang bisa ditelannya adalah orang yang tertipu oleh bapak pendusta. Iblis tidak memiliki senjata untuk mencuri membunuh dan membinasakan kita. Makanya dia memakai plan b, yaitu menipu. Saya akan paparkan plan b setan yang kalau berhasil, sang korban akan menjadi golongan orang yang bisa ditelannya.

1. Berusaha memancing agar kita jatuh dalam dosa.

2. Meyakinkan kita melalui berbagai alatnya, dan sering yang dipakainya adalah orang percaya, yang mengatakan bahwa kalau kita berdosa, kalau kita tidak mampu menyenangkan hatiNya, kalau kita tidak bisa berdoa dalam waktu cukup lama, Tuhan tidak suka dengan kita, Tuhan akan kehilangan kasihNya terhadap kita, dan bahkan tidak mau mengampuni kita.

3. Kalau no 2 berhasil, maka dia akan terus menuduh dan mendakwa kita bahwa kita tidak layak lagi disebut anak Tuhan karea perbuatan kita.

4. Kemudian setelah no 3, maka kita akan termasuk golongan yang bisa ditelan, dan si iblis telah berhasil menemukan mangsanya.

Saudara, kasih Tuhan tak berkesudahan. Kita memiliki kelemahan, yang sering membuat kita jatuh dalam dosa. Tetapi Tuhan sudah mengampuni dosa2 orang percaya. Tuhan tetap berkenan terhadap kita. Tuhan sangat sayang dengan kita, karena Yesus yang hidup didalam kita.

Kalalu kita tidak mau mendengarkan suara bapak pendusta, dan kita mendengarkan kabar baik dari Kalvari, maka kita tidak mungkin bisa di telannya.

Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s