Pertobatan akan membawa pada kemurahan Tuhan atau sebaliknya?

Kita sering sekali berkata bahwa pertobatan, ketika kita bertobat, maka itu akan mendatangkan kebaikan dan berkat dari Tuhan. Ini adalah lagi lagi kekeliruan yang sangat sering dikatakan. Pernyataan semacam ini adalah pernyataan perjanjian lama yang sudah tidak berlaku untuk kita.

Roma 2:4(4) Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

God’s kindness is intended to lead you to repent (Amp)

Paulus berkata bahwa maksud dari kemurahan Allah ialah menuntun kita kepada pertobatan. Jadi pertobatan tidak akan menghasilkan kemurahan dan kebaikan Tuhan, namun sebaliknya, kemurahan Tuhan akan membawa kita pada pertobatan.

Saat ini kita banyak mengajar agar orang Kristen bertobat, menggunakan berbagai cara yang membuat pendengar kita merasa bersalah dan kemudian mudah-mudahan mau bertobat dari kebiasaan dosa mereka. Ini adalah pendekatan yang tidak sesuai dengan pengajaran perjanjian baru di alkitab.

Arti pertobatan sebenarnya bukan menangis didepan mimbar dan menyesali perbuatan buruk kita, tetapi sebenarnya pertobatan adalah dalam bahasa aslinya Metanoia. Meta artinya perubahan, sedangkan Noia berarti pemikiran.  Pikiran kita yang keliru diubah oleh firmanNya menjadi pemikiran yang benar yang memberi kita kemerdekaan.

Pengertian yang salah akan mengakibatkan kita kesulitan untuk benar benar bertobat dan kemudian kita akan merasa bersalah karena selalu mengulangi perbuatan kita yang tidak benar.

Pernyataan bahwa bertobat akan mendatangkan kemurahan dan kebaikan Tuhan adalah keliru. Yang benar adalah Kasih Tuhan, kemurahan, anugerah dan kelemah lembutan dan segala kebaikan Tuhan yang tak berkesudahan lah yang akan menstimulasi kita dan memampukan kita bertobat (berubah cara berpikir kita) untuk hidup dengan benar dibawah kasih karuniaNya.

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s