Pertobatan yang sebenarnya.

Gaya hidup atau hidup?

Orang farisi dan para ahli Taurat pada jaman Yesus memiliki pandangan dan pendapat mengenai pertobatan. Menurut mereka, pertobatan adalah berhenti berbuat hal2 yang dilarang oleh hukum Taurat, dan menggantikannya dengan kelakuan yang lebih kudus, Berhenti melanggar perintah Allah sekuat kemampuan adalah esensi dari agama mereka. Tetapi sayang, saat ini hal itu ditiru oleh orang2 Kristen jaman sekarang  – berhenti minum, merokok, berhenti berkata kotor, berhenti berjinah, dan berbohong, dan harus digantikan dengan giat ke Gereja, baca Alkitab, berdoa dan bayar perpuluhan.

Ibrani 6:1 Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,

Pertobatan menjadi hal2 yang bisa dilihat diluar saja, bukan menghindari dari perbuatan yang sia2.  Kekristenan menjadi semacam gaya hidup, bukan Kristus yang hidup didalam kita.

Menerima pemulihan dari Bapa.

Ketika si anak yang hilang di Lukas 15 mulai “menyadari dirinya”, dia belum bertobat yang sebenarnya. Dia berencana untuk pulang, bekerja pada bapaknya sebagai hamba, membayar apa yang sudah dihilangkan, dan bahkan sudah latihan, gladi bersih, untuk mengatakan pidatonya kepada bapaknya. Ternyata si bapak tidak perduli dengan apa yang dikatakan si anak bungsu, dia tidak menghentikan kata2 si anak, tetapi dia langsung memulihkan keadaan anaknya yang sedianya ingin menjadi hamba, menjadi anaknya lagi.  Anak bungsu akhirnya menerima pemulihan bapanya. Bukan karena apa yang dilakukan si anak, bukan karena kebaikan atau apa yang sudah dilakukannya, tetapi karena dia adalah anak.  Disinilah pertobatan yang sejati terjadi, ketika anak menerima pemulihan bapanya. Anak yang hilang telah mengesampingkan perbuatan sia sia, dan menerima kasih bapa yang memulihkan.

Bagaimana pandangan kita mengenai pertobatan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s