Ornamen Pohon Natal kah yang Dia mau?

Ornaments-in-christmas Natal telah tiba. Kita banyak melihat pajangan pohon Natal baik di gereja, Mall, dan tempat umum lainnya. Begitu banyak pernik2 seperti buah warna warni menghiasi pohon yang sudah dipotong dari akarnya, dengan begitu indah. Di dalam kekristenan, Yesus menghendaki kita berbuah, selama kita menempel di pokok anggur (Yesus) maka kita akan berbuah, apabila kita tidak menempel seperti pohon Natal, maka kita bisa memajang diri kita dengan tempelkan buah bahan yang tidak berasal dari pokok anggur. Tidak ada salahnya kita berusaha hidup dengan nilai nilai Kekristenan,  sama seperti hukum Taurat pun tidak ada salahnya, tetapi kita tidak akan dibenarkan karena Hukum Taurat, dan kita tidak dibenarkan juga karena Nilai Nilai keKristenan itu. Bahkan kalau kita aplikasikan Nilai Nilai itu tanpa Kristus, maka hasil nya akan lain… yang keluar adalah “Usaha Pribadi” yang mana alkitab menyebut itu sebagai “daging / flesh


Tentu kita perlu mengerti nilai Kekristenan (saya asumsi disini bicara soal kehidupan Kristen yg baik / benar dan berkemenangan), bukan menjadi “ignorant”  (tidak peduli) tetapi semuanya itu harus dibungkus oleh keyakinan (iman) bahwa Yesus sudah memberikan Kualifikasi bagi kita..
Maksudnya,  kita sudah seperti itu dimata Allah Bapa, karena kita berada didalam Kristus. 

Imitate (meniru) kehidupan baik adalah bagus seperti Paulus juga menganjurkan Timotius untuk imitate dia
2 Thes 3:9,  tetapi imitate / meniru saja tidak akan baik hasilnya, bahkan bisa menjadi palsu (imitasi) keluarnya (munafik). Kalau kita imitate Kristus tanpa mengerti bahwa Kristus yang berkarya didalam kita,  maka kita akan menjadi Munafik,  (imitasi). Jadi yang terlebih penting adalah untuk menyadarkan diri kita bahwa kita sudah berada didalam Kristus, maka hal hal itu akan keluar secara natural.
2Cor 9:8  And God is able to make all grace abound toward you, that in everything, always having all self-sufficiency, you may abound to every good work;
Grace ini yang membuat kita melakukan perbuatan Good Works..

Kalau kita pelajari surat surat Paulus, dia banyak memberikan instruksi untuk “Godly Living”  godliness.. tetapi dia akan selalu emphasize atau dibuka dengan penekanan siapa kita didalam Kristus, misalnya di Efesus, 3 bab pertama, Paulus berbicara akan kebenaran “siapa kita didalam Kristus“, bagaimana kita duduk dan berdiri didalam DIA,  lalu 3 bab berikut nya baru bicara soal hal “conduct” perbuatan kita sehari hari.

Di surat Timothy dan Titus pun sama, walaupun secara langsung bicara instruksi untuk “leader” ini… dia tetap bicara kan soal bahwa penyucian itu bukan karena perbuatan kita tetapi karena Firman….yaitu pekerjaan Kristus
1Tim 4:5  For it is sanctified through the Word of God and prayer bahwa kesucian kita dalam berjalan didunia ini adalah oleh Firman dan Doa.  bukan hasil dari kebisaan kita dalam perbuatan kita.
Dan “encouragement” dari Paulus ke Titus supaya kita berbuah dalam hidup kita, ..
Tit 3:14  And let ours also learn to maintain good works for necessary uses, so that they may not be unfruitful.
tetapi sebelum nya dia menekan kan : bahwa kita di benarkan (justified) oleh Kasih Karunia (Grace)
Tit 3:4  But when the kindness and love of God our Savior toward man appeared, 
Tit 3:5  not by works of righteousness which we have done, but according to His mercy He saved us, through the washing of regeneration and renewal of the Holy Spirit, 
Tit 3:6  whom He poured out on us abundantly through Jesus Christ our Savior, 
Tit 3:7  that being justified by His grace, we should become heirs according to the hope of eternal life. 

Kita perlu mengerti bahwa perubahan dalam diri kita adalah bukan hasil dari “usaha kita” atau sesuatu yg kita usahakan atau kita pelajari… tetapi sesuatu yg terjadi didalam kita.. Itu sebab nya alkitab menyebutnya sebagai “Transformasi”  bukan Comformance (penyesuaian)
2Co 3:18  But we all, with our face having been unveiled, having beheld the glory of the Lord as in a mirror, are being changed into the same image from glory to glory, even as by the Lord Spirit.
transformasi itu terjadi saat kita melihat kemuliaan Kristus….

Rom 12:2  And do not be conformed to this world, but be transformed by the renewing of your mind, in order to prove by you what is that good and pleasing and perfect will of God. O

Jadi singkat nya… kalau kita pelajari nilai nilai kehidupan Kristen yg baik, tanpa tau dan menekan kan kita didalam Kristus, maka yg keluar adalah (very likely) usaha manusia yaitu kedagingan kita. kita akan berusaha hidup seperti itu, tetapi kalau kita mempelajari nilai nilai Kristus, yg membuat kita kagum, tersentuh (touch) dan memuliakan Dia, maka hati kita berubah (transformasi) … lalu perbuatan baik itu keluar secara natural….
contoh…
Misalnya nilai yg kita perlajari adalah ..”jangan mencuri tetapi harus rela memberi..”
tentu kita bisa memberi, dan tentu kita tidak mau mencuri. .. tetapi itu tidak merubah hati kita, … hati kita tetap pelit, memberi pun dengan  rasa .. agak terpaksa… dan bahkan akan kita hitung (dalam pikiran kita) dll.

Jadi kita bisa lihat disini yang terjadi adalah perubahan hati, bukan perbuatan nya. … perbuatan itu adalah buah nya.

Jadi kalau kita fokus pada buah nya kita bisa salah ngerti…. jangan kita fokus pada buah satu pohon asam atau manis, gimana cara memaniskan buah itu.. ga akan bisa. tetapi kita harus fokus pada akarnya, pelihara akarnya, maka seluruh pohon akan tumbuh baik dan hasil buah nya pun akan baik.

Jadi apakah yang dimaksudkan Paulus bahwa Hidup itu Kristus… ?  Phil 1:21
Saya percaya yg dimaksud kan adalah … bahwa Kristus itu hidup didalam dia.  Gal 2:20, Rom 6:8
Jadi bukan fokus nya pada hidup bagi Kristus walaupun hal itu adalah implied, tentu otomatis, karena kalau Kristus hidup didalam kita maka otomatis hidup kita bagi Kristus.  sehingga Kristus dimuliakan oleh siapa kita didalam Kristus, bukan oleh perbuatan nya saja.
kalau soal perbuatan saja, banyak orang bukan Kristen pun bisa hidup bagi / bagus terpuji… tapi tetap bukan Kristen, dan tidak ada Kristus nya.

Nathaniel / Wowo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s