Berbuah atau BarBQued?

vine

Yohanes 15:6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Ayat ini pernah menjadi momok didalam hidup saya. Saya merasa harus berusaha untuk tetap selalu tinggal didalamnya, karena ketakutan akan dipotong dan dibuang kedalam api. Saya berusaha, tetapi tidak pernah menemukan suatu tata cara yang jelas untuk cara tetap menempel dipokok anggur. Banyak pengajaran yang simpang siur cara cara agar tidak sampai dibuang.

Screen Shot 2014-05-07 at 10.33.14 am

Ada dua kemungkinan. Anda tinggal didalam Dia atau anda tidak tinggal didalamNya. Apabila kita tinggal didalamnya, maka kita akan berbuah, sedangkan kalau kita TIDAK tinggal didalamnya, kita akan dipotong dan dibakar. Sungguh menarik.Dari pandangan legalistik, maka sebaiknya anda harus berusaha untuk berbuah agar tidak dipotong dan dibuang. Cara legalistik agar kita menerima sesuatu adalah kita harus berbuat ini dan itu untuk menerima sesuatu. Kalau saya tidak pernah absen ke gereja, baca alkitab tiap hari, doa dan puasa, menginjil, perpuluhan maka kita akan bisa tinggal didalamNya dan kita akan mampu berbuah, sehingga kita tidak dipotong dan di bakar hidup hidup. Anda harus berbuah atau barbequed.

 

Apakah pandangan demikian benar?

 

Apakah tinggal didalamNya dan berbuah adalah suatu yang kita harus lakukan? Saya harap tidak. Saya tidak tau caranya, dan kalau memang tergantung pada anda dan saya, maka itu bukan Injil (kabar baik) tetapi kabar buruk, karena tidak ada satupun kita yang sanggup bahkan tau caranya.

 

Titus 3:5 Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

 

Apa artinya tinggal didalam pokok anggur? Kalau kita bisa mengerti, maka kita bisa dengan kelegaan tau kalau kita bukan cabang atau ranting yang bakal dipotong dan di bakar. Ini adalah jawaban dari arti itu. 1 Yohanes 4:15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Apakah anda pernah mengaku Yesus adalah Anak Allah? Kalau pernah, maka Allah didalam kita dan kita didalam Allah. Se sederhana itu. Kalau anda sudah dilahirkan kembali, maka anda tinggal didalamNya. Tidak ada yang bisa ditambah dan dikurangi. Seperti sebuah cabang tidak berusaha menempel di pokok anggur, kita juga tidak berusaha dicangkokkan. Arti Tinggal di bahasa aslinya adalah “tidak pergi” atau “tinggal dan bersatu”. 1 Korintus 6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. Kita sudah menjadi satu roh dengan Yesus. Kalau kita sampai tidak bisa tinggal didalam Tuhan, maka Yesus juga tidak tinggal didalamNya, suatu hal yang tidak mungkin.Tidak ada risiko bagi kita untuk lepas dari pokok anggur itu.

 

Jadi siapakah ranting yang dipotong dan dibakar? Yesus tidak berbicara mengenai orang Kristen yang tidak berbuah. Dia sedang berkata mengenai prang orang yang menilak untuk percaya Yesus adalah anak Allah.Mereka adalah orang2 yang mencari kehidupan diluar pokok anggur.

 

Pengkhotbah legalistik selalu ingin berusaha agar kita khawatir dan takut. Apakah kita sanggup tinggal didalamNya apakah kita sudah berbuat cukup untuk berbuah? Berfokus pada kemampuan kita melakukan, bukan kemampuan Yesus.

 

Sebaiknya kita berfokus akan apa yang Yesus sudah lakukan bagi kita. Yesus selalu ingin kita merasa secure, yakin akan kasihnya, tidak ketakutan, dan percaya kepadaNya. Kalau anda pernah mengaku Yesus Tuhan, maka kita adalah cabang yang permanen. Cabang yang dipotong adalah orang yang mencari pembenaran diluar Kristus dengan perbuatan baik atau ritual ritual.

 

Let us Rest and Abide in Him

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s