JEMAAT FILADELFIA (Pernyataan tentang Yesus Kristus – Identitas kita yg Sesungguhnya)

20140515-174752.jpg

 

JEMAAT FILADELFIA (Pernyataan tentang Yesus Kristus – Identitas kita yg Sesungguhnya)

Wahyu 3. Kepada jemaat di Filadelfia

(7) “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (8) Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. (9) Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. (10) Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. (11) Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu. (12) Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. (13) Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

 

Sy tak sabar ingin bagikan ini, yaitu bhw apa yg ditulis mengenai jemaat Filadelfia, ternyata bukanlah soal pekerjaan kasih kita, bukan juga soal performance baik kita, tetapi semua tentang YESUS YANG MENJADI IDENTITAS KITA YANG SESUNGGUHNYA!

Ada saat dimana dlm urusan pekerjaan/pelayanan sy merasa semua nampak biasa. Bekerja setiap hari, lembur, persiapan melayani sekolah minggu, persekutuan, dll.. tak ada yg terlalu istimewa. Justru yg nampak adalah beberapa kekeliruan yg sy lakukan shg pekerjaan mjd kurang maksimal.

Ketika merenungkan mengenai jemaat Filadelfia, sy teringat berbagai tafsiran yg pernah sy baca, yg menggambarkan jemaat yg begitu mempraktekan kasih dan begitu diperkenan Tuhan (arti Filadelfia sendiri adl kasih persaudaraan). Sy pikir tentulah mereka org2 yg mengerjakan pekerjaan pelayanannya dgn sungguh2 baik.

Namun tiba2 Tuhan bawa sy mengingat kembali situasi dimana sy melihat segala pekerjaan saya nampak TAK SEMPURNA, nampak biasa saja, dan tak ada yg istimewa. Tepat saat itu Tuhan arahkan sy pd satu ayat, dan FirmanNya berbicara dgn lembut di hati: “AKU TAHU SEGALA PEKERJAANMU: LIHATLAH, AKU TELAH MEMBUKA PINTU BAGIMU… ” (Why.3:18). Spontan sy kaget. Rasanya setengah tak percaya. Selanjutnya sy hanya bisa terharu dan tenggelam dlm penerimaanNya yg tak layak sy terima.

“Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar..” (Why.3:7)

Yesus, Yang Kudus (the Holy One) dan Yang Benar (the True One) inilah yg ditampilkan pd jemaat Filafelfia. Ketika dua NAMA ini disandingkan, muncul pengertian yg begitu indah: Dia “Yang Kudus” dan Dialah “satu2nya jalan”. Dia “Yang Kudus” MENYATU dgn kita di dalam pengakuan percaya bhw Dialah satu2nya jalan “Yang Benar”. Dgn kata lain: Kekudusan bukan diupayakan, tetapi diberikan hanya melalui Yesus!! Pengakuan NAMA Yesus ini melekat pd jemaat Filadelfia, dan memberi mereka PINTU MASUK yg hanya oleh krn Dia yg melayakkan mrk.

Jemaat Filadelfia tidak memiliki kekuatan/kuasa (dunamis) yg menonjol, shg mereka nampak bukan apa2. Namun mereka memiliki sesuatu! Mereka menggantungkan posisi mereka hanya di dalam Dia yg ditunjukkan dgn pengakuan atas NAMA-NYA!

“..Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan ENGKAU TIDAK MENYANGKAL NAMAKU.” (ay.8)

Dalam Alkitab, NAMA memegang peranan penting dan NAMA menunjukkan IDENTITAS pemilik nama!!

Jemaat Filadelfia mengakui bhw Yesus sendiri yg mjd IDENTITAS mereka! Dari mana lagi kita mengetahuinya?
Dari janji Tuhan sendiri! Inilah jaminan Tuhan terhadap jemaat Filadelfia yg menang:

“.. dan padanya akan Kutuliskan NAMA Allah-Ku, NAMA kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan NAMA-KU yang baru.” (ay.12)

Sungguh dahsyat identitas kita yg baru ini!

Pada kita ada NAMA Allah!

Pada kita ada NAMA Yerusalem (yg berarti Mempelai Perempuan Tuhan!).

Dan pada kita ada NAMA Yesus Kekasih Kita!

Dialah NAMA BARU / Identitas Baru kita!

Yohanes menuliskan dgn begitu jelas:

“..sebab sama seperti Dia, demikian juga kita di dalam dunia ini.” – As HE IS, so ARE WE in this world! (1 Yoh.4:17)

Artinya, jika Dia Kudus, maka kita Kudus!

Jika Dia Benar, maka kita Benar!!

Ini semua sangat ditentang oleh mereka yg masih mempercayai upaya (daging) utk memperoleh status kudus dan benar. Dan mereka yg dari daging akan selalu menganiaya mereka yg berasal dari Roh.

“Tetapi kamu telah menolak Yang Kudus dan Benar, serta menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu” (Kis.3:14)

Namun inilah pembelaanNya:
“Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi … Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa AKU MENGASIHI ENGKAU.” (ay.9)

Jika sebelumnya sy menulis mengenai jemaat Smirna yg diperhadapkan pd tuduhan atas kondisi DI LUAR (miskin, dipenjara), jemaat Filadelfia diperhadapkan pd tuduhan yg terarah pd kondisi DI DALAM, yaitu identitas mereka (bhw mereka bukan apa2, dan seolah tak dikasihi). Kedua jemaat ini SAMA2 menerima tuduhan dr orang2 yg mengaku Yahudi (umat Tuhan). Namun Tuhan sendirilah yg mjd PEMBELA mereka!

Yesus sungguh2 dekat dgn orang2 yg patah hati. Mungkin mereka mengalami tuduhan melalui kondisi yg nampak buruk di luar, atau hati yg merasa gagal krn memandang diri di dalam. Tetapi Dia justru menemukan perhentianNya ketika mendapatkan kita dalam pelukanNya. Karenanya Roh Kudus akan selalu mengarahkan pandangan mata kita hanya pd Yesus.

Apa yg kita lakukan, termasuk kegagalan2, kekurangan2 kita, sama sekali tidak menentukan Siapa kita di mata Allah, karena Yesuslah kesempurnaan kita. Bapa memandang kita sempurna krn korban Salib Kristus, dan Dialah identitas kita yg sesungguhnya.

Masih banyak lagi yg dpt kita temukan pd jemaat Filafelfia, yg semua bersumber dari “SIAPA” Yesus, sbg “DIRI” mereka yg sesungguhnya. Berikut beberapa KEISTIMEWAAN yg secara radikal dpt kita percaya mjd bagian kita:

Yang Kudus (Yesus) => Maka kita:
– Kudus
– Dilayakkan dlm Bait Suci
– Pintu dibuka (kunci Daud)
– Bertemu Sang Raja
– Tanda OTORITAS
(Bagaimanapun kondisi pekerjaan kita – ay. 8)

Yang Benar (Yesus) => Maka Kita:
– Terima Dasar yg kuat
– Menjadi Pilar yg kuat
– Pilar (Sokoguru) dlm Bait Suci
– Tidak tergoncangkan
– Terlindung dari hari pencobaan atas dunia
– Tanda KUASA
(Sekalipun kekuatan tidak seberapa – ay.8,10)

Jemaat Filadelfia bukanlah jemaat dgn pekerjaan ataupun kekuatan yg luar biasa, tapi YESUS di dalam OTORITAS-NYA (sbg pemegang kunci Daud) telah membuka pintu bagi mereka, dan di dalam KUASA-NYA akan melindungi kita jg dr dunia yg dpt tergoncangkan.

Di dalam Kekudusan dan KebenaranNya (yg tak layak kita terima), terdapat OTORITAS dan KUASA yg akan selalu menaungi kita!

Catatan Tambahan:

Dalam menghadapi tuduhan atas identitas (malu atas kegagalan, ragu atas keselamatan, dst), kita tetap dpt mempercayai DIA yg sdh mjd identitas diri kita. Di sinilah kemenangan (mahkota) kita (Right Believing). Walaupun di luar nampak bertolak belakang, Dia sendiri yg menyatakan Kebenaran-Nya di dlm kita. DIA sendiri yg akan DATANG/menyatakan DIRI-NYA, shg APA YANG ADA PADA KITA hanyalah mempercayai-Nya.
Karena itu Dia berkata kpd jemaat Filadelfia:

“Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu” (ay.11)

Bahkan mahkota kemenangan sdh ada pd kita! ..ketika kita mempercayai anugerah-Nya yg tak layak kita terima!

 

 

Yusuf Wiryonoputro

 

20140515-174805.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s