Seri tujuh jemaat. – Jemaat Smirna

20140515-161434.jpg

 

JEMAAT SMIRNA (Pernyataan tentang Yesus Kristus - Pekerjaan-Nya yg Sudah Selesai di Kayu Salib)

 

Wahyu 2: Kepada jemaat di Smirna

(8) “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali: (9) Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu namun engkau kaya dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. (10) Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. (11) Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua.”

 

Ada pengertian2 baru yg sy terima sehubungan dgn jemaat Smirna yg sy rasa belum pernah dijelaskan dalam beberapa tafsiran yg pernah sy baca. Beberapa buku yg saya baca memfokuskan penafsiran pada ‘kesetiaan kita’. Hingga suatu saat, mendadak sy melihat bhw ini semua tentang Yesus, pekerjaanNya yg SUDAH SELESAI DI KAYU SALIB! Ketika sy mendapat ini, secara kebetulan kami (sy & istri) sedang menikmati pujian “JuruselamatKu”. Syairnya mengatakan: “Walaupun ku harus berjalan dalam lembah kekelaman, perlindunganMu oh Tuhan, nyatalah bagi hidupku… YESUS ENGKAU JURUSELAMATKU, DALAM JANJIMU KEMENANGANKU!!!”. Kami terharu & sy hanya bisa menangis.

Pada bagian akhir tulisan singkat ini, sy ingin menunjukkan, bhw dalam janjiNya-lah Jemaat Smirna MENANG. Dan kemenangan ini juga yg kita terima!

Belum lama ini, sy mulai memahami bhw Yesus, “YANG AWAL DAN YANG AKHIR” memiliki arti bhw Dialah yang mengawali dan Dia juga yang menyelesaikan.. dgn kata lain: IT IS FINISHED!!
Apakah yg terjadi selanjutnya? REST, Ciptaan Baru! Dalam Kristus, kita adalah ciptaan baru!

Wahyu 21 menuliskan mengenai langit baru & bumi yg baru:

“… Ia akan diam bersama-sama dengan mereka … Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka… maut tidak akan ada lagi … Sebab segala sesuatu YANG LAMA ITU TELAH BERLALU …. SEMUANYA TELAH TERJADI. Aku adalah Alfa dan Omega, YANG AWAL DAN YANG AKHIR” (Why.21:3-6).

“YANG AWAL DAN YANG AKHIR”, inilah yang Tuhan nyatakan kepada Jemaat Smirna – yaitu bhw PEKERJAAN SALIBNYA SUDAH SELESAI:

“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari YANG AWAL DAN YANG AKHIR, yang telah mati dan hidup kembali.” (Why.2:8)

Wow, bahkan Dia sudah bangkit dan hidup! Yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah datang!

AKAN TETAPI…

Kondisi yg kelihatan nampak tidak demikian! Jemaat Smirna bukan hanya mengalami kemiskinan, tetapi mereka juga mengalami TUDUHAN, dari “…mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya … adalah jemaah Iblis” (Why 2:9).
Musuh mencoba memberikan kondisi & tuduhan yang seolah mengatakan bahwa segala sesuatunya MASIH BELUM SELESAI! Mereka masih harus menghadapi kemiskinan, dan bahkan TUDUHAN SECARA ROHANI!
Mengapa secara rohani? Sy terkejut ketika membaca bagian berikutnya.

Dikatakan Iblis akan melemparkan beberapa orang dari mereka ke dalam penjara selama SEPULUH HARI (ay.10). Teringat angka 10 menunjuk pada HUKUM (LAW). Nampak Iblis sedang mencoba mengaburkan KASIH KARUNIA, dengan menampilkan kebenaran palsu tentang TUNTUTAN & HUKUM. Dan PENJARA hanyalah menunjukan kuasa Dosa yg mengurung kita di bawah hukum Taurat. Pribadi “Yang Awal dan Yang Akhir” (KRISTUS YANG SUDAH MENYELESAIKAN SEMUA) sedang coba-coba dikaburkan dari pandangan mata jemaat Smirna!

Apakah yang Tuhan minta kepada Jemaat Smirna? Tuhan berkata: “Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! ….. Hendaklah engkau setia sampai mati..”

Di sini Tuhan sedang meminta KESETIAAN utk PERCAYA! Seolah Ia mengatakan.. “Jangan Takut, tetaplah mempercayai PEKERJAAN SALIB YANG SUDAH SELESAI” – Sekalipun kondisi jasmani nampak berlawanan, bahkan menunjukkan seolah kita masih berada di bawah KUTUK HUKUM yg berujung pada MAUT/KEMATIAN (melalui bencana alam, sakit penyakit, dll)!!

Bahkan jemaat Smirna menerima fitnahan dari sekelompok orang yg menyebut dirinya Yahudi (Umat Tuhan). Mereka yg memfitnah ini disebut sebagai jemaah iblis. Sy cek lebih jauh, arti “iblis” disini menunjuk pada PENUDUH!

Pernahkah anda mengalami hal buruk, spt mendadak usaha anda mengalami hambatan (ANCAMAN KEMISKINAN)?? Atau tiba2 anda merasakan gejala2 sakit tertentu (ANCAMAN KEMATIAN)?? INI SEMUA ADALAH TIPUAN & TUDUHAN MUSUH! Karena kebenarannya adalah bhw KITA KAYA, dan bahwa oleh Bilur2Nya kita SUDAH DISEMBUHKAN!

[Catatan: krn itu kita tak perlu terima setiap dusta yg mengatakan bhw “hal buruk dapat terjadi kapan saja pd kita” .. Sy tidak sedang menyangkali kondisi nampak, akan tetapi semua ini adl. tipuan musuh yg menunjuk pada kondisi2 natural demi memberi rasa TAKUT – yg kmd mendorong kita mengupayakan sesuatu]

DUA HAL INI dipakai musuh dalam memberikan tuduhan:
1) MISKIN = MALU
2) KESUSAHAN => KEMATIAN = TAKUT

Iblis sedang menyebarkan Malu dan Takut untuk MENIPU KITA. Keadaan dapat dipakai iblis untuk mendukung tipuannya, namun apa yang tak nampak sesungguhnya jauh lebih nyata daripada apa yg kelihatan. Terbukti dengan perkataan Tuhan:

“Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu – NAMUN ENGKAU KAYA” (ay.9)

Tuhan tahu keadaan terbatas yg mgk sedang kita alami. Namun jika Tuhan berkata KITA KAYA, masihkah kita merasa miskin dgn mempercayai keadaan di luar?

Bagaimanapun, TIPUAN akan berhenti. 10 hari hanyalah menunjukkan tuntutan lama, dimana YANG LAMA SUDAH BERLALU, SESUNGGUHNYA YANG BARU SUDAH DATANG! Hukum sudah digenapi, dan kita sekarang berada di bawah KASIH KARUNIA! Dalam Firman (JANJI)-Nya inilah kemenangan sudah kita terima! Dan kepada jemaat Tiatira, Tuhan akan memberikan sebuah mahkota. Sy cek lebih lanjut, mahkota disini menunjuk pada penghargaan atas KEMENANGAN. Dan mahkota ini disebut sbg MAHKOTA KEHIDUPAN (ay.11). Tak heran bukan, mengapa disebut mahkota kehidupan? KARENA DIA TELAH MATI, NAMUN HIDUP KEMBALI. Yang lama sungguh2 sudah berlalu, dan yg baru SUDAH datang. Yesus yg sudah BANGKIT & HIDUP, Ia sendiri yg akan memberikan kita Mahkota Kehidupan!

 

 

Yusuf Wiryonoputro

 

 

 

 

20140515-161448.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s