Seri 7 Jemaat. JEMAAT EFESUS (Pernyataan tentang Yesus Kristus – Kasih-Nya tempat Perhentian Kita)

20140516-191154.jpg

Wahyu 2: (1) “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu. (2) Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta. (3) Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah. (4) Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. (5) Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat

 

.JEMAAT EFESUS (Pernyataan tentang Yesus Kristus – Kasih-Nya tempat Perhentian Kita)

Angka 7 melambangkan kesempurnaan, lengkap, selesai, REST! Bukan kebetulan Tuhan memberikan pesan kepada 7 jemaat-Nya, yg adalah Mempelai-Nya sendiri. Ia memandang Mempelai-Nya SEMPURNA!

Ketika membaca mengenai jemaat Efesus beberapa waktu lalu, sy tidak sedang dlm kondisi tenang krn memikirkan beberapa perbedaan pandangan yg sy anggap penting dgn beberapa saudara dlm pelayanan. Juga krn kekhawatiran sy yg berlebihan akan hal buruk yg mgk terjadi. Sy membaca begitu saja bagian awal surat ini:

“Inilah firman dari Dia, yang MEMEGANG KETUJUH BINTANG itu di TANGAN KANAN-NYA dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.” (Why.2:1)

Mendadak ayat ini nampak menonjol.. Lalu muncul suatu pengertian, dan spt ada kelegaan yg mengalir di hati..

Ketika memandang Dia yang MEMEGANG KETUJUH BINTANG, sy hanya menemukan bhw Dia tetap MEMEGANG kendali atas segala yg terjadi sehubungan dgn jemaat-Nya, sehubungan dgn saudara2 kami, anak2 yg kami layani, dan bahkan kami sendiri. Karena “.. ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat..” (Why.1:20). Yesus sendiri yg MEMEGANG AMAN jemaat-Nya!

Rhema ini teringat kembali di tengah2 ibadah kami. Dalam hati sy katakan “Tuhan, Engkau yg MEMEGANG!”. Tepat bersamaan dgn itu worship leader berseru dgn keras: “…. PEGANG …!!! “, membuat sy kaget dan hanya satu kata ini saja yg sy tangkap, seolah memberi peneguhan yg jelas & kuat bhw Yesus sungguh2 memegang kami saat ini. Dia sendiri menjaga kita dgn tangan kanan-Nya sendiri!!

Dalam setiap surat yg ditujukan kpd 7 jemaat nampak selalu diawali dgn SIAPA Dia, krn memang Dialah fokus kita. Hanya pd Yesus saja kita memandang dan di sanalah kita menemukan tempat perhentian! Bahkan mengetahui bhw Dia memandang kita (jemaat-Nya) sempurna, sungguh memberi kelegaan!

Apa yg nampak, mgk berlawanan dgn kesempurnaan. Namun jika Dia memandang sempurna, ini semua hanya krn Salib-Nya! Pekerjaan salib-Nya sdh selesai, shg kita skrg menemukan tempat perhentian kita di dlm Dia. Jika kita tdk menikmatinya, maka tak segan Dia memberi koreksi. Dan inilah yg Tuhan lakukan utk jemaat Efesus. Semua krn cinta-Nya!

“Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau TIDAK DAPAT SABAR TERHADAP ORANG-ORANG JAHAT, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah MENDAPATI MEREKA PENDUSTA. Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah” (Why.2:2-3)

Jemaat Efesus berusaha keras melindungi jemaatnya dr yg jahat. Mereka tidak menginginkan kondisi buruk terjadi akibat setiap ketidakbenaran. KETAKUTAN AKAN YG SALAH NAMPAK MELEBIHI KEPERCAYAAN AKAN KASIH-NYA YG MENJAGA & MEMEGANG KITA.
Karenanya mereka berusaha MEMEGANG kendali di dlm melindungi jemaat & menegakkan kebenaran! Sesungguhnya ini adl beban yg berat. Pandangan kpd Yesus dgn tangan kanan-Nya yg memegang & menjaga nampak teralihkan.

“Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula” (Why.2:4)

Nampak bagaimanapun juga jemaat Efesus telah “mengambil bagian” di dalam pohon pengetahuan baik & jahat, krn mrk terfokus di dalam UPAYA “menjaga & menegakkan kebenaran” (krn TAKUT), ketimbang menikmati KASIH-NYA yg sesungguhnya MENJAGA mereka.

Apa yg perlu kita lakukan sesungguhnya adl. REST di dalam kasih-Nya, shg kasih-Nya pun dapat mengalir keluar. Inilah CARA yg Yesus pernah katakan:

“..Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” (Yoh.13:35)

Apa yg Tuhan berikan pd mulanya di Firdaus adl pohon kehidupan: Inilah KASIH-NYA YG MEMEGANG KITA – bukan sebaliknya: pohon pengetahuan baik & jahat yg merupakan simbol dari UPAYA KITA.

“Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan LAKUKANLAH LAGI APA YANG SEMULA ENGKAU LAKUKAN ..” (ay.5)

Apa yg semula kita lakukan?

Sekali lagi sy dikejutkan dgn sebuah kebenaran sederhana, ketika sy diarahkan lagi utk membaca kembali ttg SIAPA Dia di awal surat:

“..Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan BERJALAN DI ANTARA KETUJUH KAKI DIAN EMAS itu.” (ay.1)

Dituliskan bhw Dia BERJALAN DI ANTARA ketujuh kaki dian emas, dimana “.. ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat.” (Why.1:20)

Ini membawa kita pd awal mula di Firdaus saat “.. TUHAN Allah.. BERJALAN-JALAN dalam taman itu pada waktu hari sejuk..” (Kej.3:8). Ada persekutuan yg erat antara Tuhan & manusia di tengah segala yg telah selesai Ia ciptakan.

Demikian pula saat ini, oleh pekerjaan Salib Kristus yg sudah selesai, Dia BERJALAN, BERSEKUTU dgn kita! Bahkan menyatu dgn kita!

Jika Tuhan meminta kpd jemaat Efesus: “LAKUKANLAH LAGI APA YANG SEMULA ENGKAU LAKUKAN ..” (ay.5)

Maka tak ada yg perlu kita upayakan selain REST di dlm PERSEKUTAN dgn-Nya, di dlm KASIH-NYA.

Lebih jelasnya: Dia yg menempatkan manusia di Firdaus, Dia juga yg berjalan di tengahnya. DIALAH YG MEMBUAT persekutuan itu. Shg kita REST di dlm Persekutuan YANG SUDAH DIA WUJUDKAN, dan menikmati kasih-Nya!

 

Yusuf Wiryonoputro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s