Seri 7 jemaat == Jemaat Laodikia (Pernyataan tentang Yesus Kristus – Kemuliaan & Kebenaran kita yg Sesungguhnya)

goldJemaat Laodikia (Pernyataan tentang Yesus Kristus – Kemuliaan & Kebenaran kita yg Sesungguhnya)

Ada pesan “tersembunyi” yg begitu indah Tuhan nyatakan beberapa wkt ini di dalam surat kpd Jemaat Laodikia. Bagian ini sangat menarik perhatian sy:

Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku EMAS yang telah dimurnikan dalam api , agar engkau menjadi kaya.. ” (Why.3:18)

Beberapa tafsiran yg sy baca mendorong “upaya” kita utk mau dimurnikan agar kita mjd kaya (melalui proses, penderitaan, dst). Apakah benar demikian? Dapatkah kita mengupayakan atau membeli kekayaan melalui pengorbanan kita? Sy tak dapat memahaminya.

Beberapa wkt sy hanya menunggu, hingga suatu saat melalui pembacaan firman di kelas sekolah minggu kami, Tuhan berikan sy satu kata:

KEMULIAAN!

Tak hanya di situ, sepulang grj sy terkejut ketika membaca posting terbaru dr seorg sdr mengenai:

Glory (Kemuliaan)!

Ya, EMAS menyatakan Kemuliaan-Nya!

Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada KASIH KARUNIA ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima KEMULIAAN Allah. (Rm.5:2)

Kemuliaan tidak diupayakan, tapi DIBERIKAN! Tuhan sudah memberikan kemuliaan-Nya melalui PENDERITAAN-NYA yg membawa KESELAMATAN bagi kita!

Jika kita baca lengkap pesan kpd jemaat Laodikia:

“Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku …
maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku EMAS …, dan juga PAKAIAN PUTIH, … ; dan lagi MINYAK untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat” (Why.3:17-18)

Jemaat Laodikia merasa kaya secara rohani. Dan seolah Tuhan berkata “Karena engkau merasa kaya, cobalah engkau beli Emas, Pakaian Putih, dan Minyak dari-Ku..”
Sungguh suatu hal yg tak mungkin! Karena HARGANYA TERLALU MAHAL!!

– Emas: Kemuliaan (Krn penderitaan-Nya kita diselamatkan)

– Pakaian Putih: Kebenaran (Krn ketaatan-Nya kita dibenarkan)

– Minyak mata: Pewahyuan (Krn Firman-Nya, kita melihat & dimerdekakan!)

Namun ketiga hal ini seringkali kita banggakan secara keliru:

1) Bangga krn pengorbanan/penderitaan kita yg membawa kemuliaan.

Paulus pernah menuliskan:

.. aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut. (2 Kor.11:23)

2) Bangga krn ketaatan kita yg seolah menjadikan kita benar.

Paulus menuliskan:

…aku lebih lagi: disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi (Fil.3:4-5)

3) Bangga krn pewahyuan yg kita terima seolah kita sudah mengerti segalanya.

Paulus menuliskan:

Aku harus bermegah, sekalipun memang hal itu tidak ada faedahnya, … Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau ? entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya ? orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga. (2 Kor.12:1-2)

Paulus dpt bermegah atas penglihatan2 dan pernyataan2 yg ia terima dr Tuhan.

Namun atas ketiga hal tersebut, Paulus menyatakan dgn begitu indah dlm surat Galatia, bhw TIDAK ADA APAPUN YG INGIN IA BANGGAKAN, SELAIN HANYA PADA SALIB KRISTUS!

Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, SELAIN DALAM SALIB TUHAN KITA YESUS KRISTUS, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. (Gal.6:14)

– Emas: Kemuliaan (Hanya oleh Penderitaan Yesus)
– Pakaian Putih: Kebenaran (Hanya oleh ketaatan Yesus)
– Minyak mata: Pewahyuan (Hanya oleh Firman Kristus – Krn Dialah SUMBER DARI SEGALA CIPTAAN, mengetahui segala sesuatu)

ITULAH SEBAB, Ia menyatakan diri-Nya kpd jemaat Laodikia sbg:

“..Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, PERMULAAN DARI CIPTAAN ALLAH” (Why.3:14)

Dialah AMIN! Inilah tanda pengakuan kita atas KEMULIAAN-NYA.

..oleh Dia kita mengatakan “Amin” untuk MEMULIAKAN Allah.(2 Kor.1:20)

Dialah SAKSI YANG SETIA DAN BENAR! Karena Dialah yg menjadi KEBENARAN kita! (Baca: Why.3:5)

Dan krn Dia FIRMAN, SUMBER, PERMULAAN DARI CIPTAAN ALLAH, maka Dia mengetahui segala sesuatu dan membuat kita dapat MELIHAT!

Tuhan ingin kita mengarahkan pandangan kita hanya kepada-Nya. Karena Dialah tempat perhentian kita.

Dan sesungguhnya, dalam kemuliaan-Nya, Dialah RAJA yg menemukan tempat PERHENTIAN-NYA ketika MENDAPATKAN KITA bersama2 dgn Dia! Ketika kita duduk makan bersama2 dgn Dia! Karenanya dalam kasih & kerendahan-hati-Nya, Iapun RELA berdiri di muka pintu dan mengetok.

“LIHAT, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku” (Why.3:20)

Ketika kita merasa cukup kaya secara rohani (spt jemaat Laodikia), pandangan kita kpdNya mjd kabur. Pesan ini bagai panggilan lembut-Nya utk kita me -LIHAT Dia yg SANGGUP & SUDAH memberikan segalanya bagi kita. Dialah kekayaan kita yg sesungguhnya.

Kita hanya akan REST, ketika menemukan tempat perhentian kita hanya pada YESUS, krn Ia sudah menyelesaikan SEMUA dgn SEMPURNA. Dan Yesus sendiri berada dalam posisi REST, DUDUK di sebelah kanan Bapa. Dan Iapun membawa kita untuk REST, DUDUK bersama-sama Dia (Ef.2:6), makan bersama-sama dgn Dia dan bahkan MEMERINTAH bersama-sama Dia!

Suatu saat Tuhan tunjukkan sy perihal REST, DUDUK bersama Dia, bhw inilah yg Jemaat Laodikia akan alami.

Kepada Jemaat Laodikia, inilah janjiNya:

“Barangsiapa menang, ia akan KUDUDUKKAN bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.” (Why.3:21).

 

YUSUF WIRYONOPUTRO

Catatan tambahan:

Orang Majus datang hanya utk menyembah Raja. Dan 3 persembahan mereka: EMAS, KEMENYAN & MUR, menunjukkan pengakuan akan SIAPA Dia (Yesus). Emas ialah tanda pengakuan kemuliaan-Nya. Kemenyan ialah tanda pengakuan kebenaran-Nya. Mur (myrrh) merupakan asal dr kata Smirna. Dalam tulisan sy mengenai jemaat Smirna, mereka nampak miskin. Tapi Tuhan nyatakan mereka KAYA! Berbeda dgn jemaat Laodikia. Mereka merasa kaya, namun sesungguhnya MISKIN! MUR menyatakan apa yg tak nampak, shg MATA KITA MELIHAT, bhw Dialah kekayaan kita yg sesungguhnya, dan semua ini bukan ttg kita, tapi ttg apa yg Dia sudah lakukan bagi kita!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s