Kedaulatan Tuhan yang sebenarnya.

image

Semua orang Kristen berpendapat bahwa Tuhan berdaulat. Sayapun berpendapat demikian. Setiap kejadian, seperti banjir, tsunami, Gunung meletus, biasanya dikatakan itu kedaulatan Tuhan, dan ditambahkan itu akibat dosa sehingga Tuhan marah. Ketika terjadi peristiwa Mei di tahun 1998, terjadi begitu banyak pembunuhan, perusakan, pemerkosaan di Jakarta dan beberapa kota lain. Orang berkata itu kedaulatan Tuhan, dan itu sudah sesuai dengan ketetapan Tuhan yang penuh kasih.

Apakah benar demikian? Apakah kedaulatan artinya sama dengan mengendalikan segala sesuatu yang terjadi dibumi kita ini? Istilah berdaulat (sovereign) saya coba cari di Alkitab, dan saya tidak dapat menemukan. Sovereign ternyata dipinjam dari istilah dunia sekuler, yang berhubungan dengan raja atau kekuasaan Supreme, yang berkuasa penuh, keputusannya tidak bisa diganggu gugat. Ketika Indonesia mengeksekusi beberapa terpidana mati, kita menuai banyak kritik dari negara lain. Tetapi karena Indonesia adalah negara yang berdaulat, maka mereka hanya bisa melancarkan kritik saja.

Kita sering berkata bahwa karena Tuhan berdaulat, maka kalau ada anak dibawah umur diperkosa, itu dianggap Tuhan yang merencanakan, karena Tuhan berdaulat. Ketika seseorang terkena penyakit terminal, maka kita sering menghibur, bahwa itu seijin Tuhan, karena kita tidak mampu membedakan antara berdaulat, dan mengendalikan. Kedaulatan, dengan meminjam istilah sekuler, berarti memiliki kuasa penuh dalam menentukan tindakan atas pelanggaran. Kalau kedaulatan sebuah negara adalah seperti yang kita bayangkan, maka, negara bisa membuat orang tidak melanggar peraturan. Tetapi kenyataannya setiap hari selalu ada orang yang melanggar peraturan, dan negara berdaulat untuk menentukan hukuman bagi para pelanggar.

  
Saya sangat percaya Tuhan berdaulat penuh. Ketika manusia melanggar hukumNya, maka karena Dia berdaulat penuh, Dia bisa menghukum orang itu, bisa mengampuni, dan bahkan dapat memberkati seorang pelanggar hukum, dan tidak ada pihak manapun yang berhak mengganggu keputusanNya, karena Dia adalah Tuhan yang berdaulat.

Inilah arti kedaulatan yang sebenarnya.

NS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s