Memuliakan Yesus.

image

“Yesus dimuliakan” adalah judul dari salah satu perikop di Injil Markus. Kadang kadang kita sering berkata bahwa kita harus memuliakan Tuhan. Tetapi bagaimana cara memuliakan Tuhan? Didalam forum2 diskusi, ada banyak pembahasan mengenai apakah kita masih dibawah Taurat atau tidak. Kalau memang masih dibawah Taurat, apakah semua berlaku, atau sebagian saja yang berlaku, yang sering disebut moral law.

Suatu hari, diatas bukit Tabor, Yesus berubah rupa menjadi bersinar, pakaianNya menjadi sangat putih. Peristiwa itu sering disebut transfigurasi. Disamping Yesus, hadir dua sosok pribadi, Musa dan Elia. Musa tentu saja kita tau, dia mewakili Taurat, sedangkan Elia mewakili para nabi. Kemudian Petrus dan kawan kawan ingin mendirikan tiga kemah (tabernakel) untuk Musa, Yesus, dan Elia. Petrus sedang ingin menyeimbangkan ketiga tokoh itu.

Maka Tuhan menjawab di Markus 9: (7) Maka datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara: “Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia.” (8) Dan sekonyong-konyong waktu mereka memandang sekeliling mereka, mereka tidak melihat seorangpun lagi bersama mereka, kecuali Yesus seorang diri.

Tuhan berkata “dengarkan Yesus” bukan dengarkan Musa dan bukan Elia. Dan tiba tiba, sang Taurat dan sang Nabi lenyap. Peristiwa ini adalah sesuatu yang sangat penting dan sungguh bermakna. Musa dan Elia sepertinya menyerahkan “ketokohannya” ke Yesus. Petrus tidak dapat membuat 3 tabernakel, karena hanya ada satu, Yesus. Dan sekarang kita didalam Yesus, dan Dia didalam kita.

Banyak dari kita ingin mendirikan tiga kemah, menyeimbangkan kasih karunia dengan Taurat dan ajaran Nabi. Tetapi kedua tokoh perjanjian lama itu telah lenyap. KETIKA KITA MEMBACA DI PERJANJIAN LAMA SESUATU YANG BERTENTANGAN DENGAN KASIH KARINIA, MAKA YANG HARUS KITA PERBUAT ADALAH “DENGARKAN DIA!”

Cara memuliakan Yesus yang sesuai Injil adalah menghargai apa yang terjadi di mount transfiguration.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s