LIMA KEBOHONGAN YANG MEMAKSA ANDA MEMBAYAR PERPULUHAN

 

 LIMA KEBOHONGAN YANG MEMAKSA ANDA MEMBAYAR PERPULUHAN

Baca juga Fokus, Kasih karunia yang dapat dilihat, Kisah cinta Hosea

Kebohongan #1. Abraham diberkati karena membayar perpuluhan

Abraham membayar perpuluhan kepada Allah dan dia diberkati. Jadi anda harus membayar perpuluhan juga supaya diberkati.

Konsep ini ditemukan dalam Kejadian 14:20, atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Perjanjian Melkisedek’.

Besar kemungkinan Anda diberitahu bahwa Abraham membuat suatu perjanjian dengan Allah bahwa jika ia menang dalam perang, ia akan membayar 10% (atau sepersepuluh) dari hasil rampasan perang kepada Allah.
Kebohongan terungkap :

Bagian yang gagal dijelaskan pastor anda adalah Abraham SUDAH diberkati sebelum Melkisedek muncul, jadi kekayaannya gak ada hubungannya dengan perpuluhan yang dia berikan.

Yang sebenarnya terjadi adalah Abraham pergi berperang untuk membebaskan keponakannya Lot yang disandera beserta seluruh hartanya.

Dalam pembebasan Lot, Abraham juga berhasil merebut kembali harta milik Raja Sodom.

Pastor anda mungkin menjelaskan Kejadian 14:20, tapi gagal menjelaskan ayat 21 dan 22.
18Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.

19Lalu ia memberkati Abram, katanya: “Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,

20dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.
Anda lihat?

Abraham pergi berperang untuk mengambil kembali harta milik Lot dan Raja Sodom, saat ia berhasil ia memberi 10% DARI MILIK LOT DAN RAJA SODOM.

Baca artikel terbaru mengenai menjadi murid Yesus

BUKAN harta pribadinya.

Ia memberikan 10% dari harta yang dimenangkannya dan 90% dikembalikan ke pemilik asli.
Saat ia diberi ‘persembahan kasih-PK’, ini jawabnya,
21Berkatalah raja Sodom itu kepada Abram: “Berikanlah kepadaku orang-orang itu, dan ambillah untukmu harta benda itu.”

22Tetapi kata Abram kepada raja negeri Sodom itu: “Aku bersumpah demi Tuhan , Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi:

23Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasut pun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.

24Kalau aku, jangan sekali-kali! Hanya apa yang telah dimakan oleh bujang-bujang ini dan juga bagian orang-orang yang pergi bersama-sama dengan aku, yakni Aner, Eskol dan Mamre, biarlah mereka itu mengambil bagiannya masing-masing.”
Satu-satunya cara anda membayar perpuluhan sesuai dengan teladan Abraham adalah dengan merampas kembali harta abang anda yang dicuri oleh tetangga sebelah, lalu anda bayar 10% dari barang milik abang anda itu kepada adik perempuan anda yang telah membantu anda melakukan misi anda. Ibaratnya adik perempuan anda itu Melkisedek.
Dalam kejadian Abraham-Melkisedek, perpuluhan selalu berbentuk barang, aset, kepemilikan dan makanan.

Satu-satunya cara anda tetap akurat dalam prinsip ini adalah memberi pastor anda 10% setiap minggu dari aset yang bukan milik anda.

Apakah sudah selesai? Klik ini. 

Kebohongan #2. Janji Yakub

Di Kejadian 28:22 Yakub berjanji pada Allah maka kita juga harus berjanji memberi perpuluhan kepada Allah seperti Yakub.

Beberapa pastor bahkan menambahinya dengan berkata, “Yakub berjanji mendedikasikan hidupnya pada Tuhan dan memberikan 10%nya, jadi anda juga tidak boleh ragu-ragu saat diminta memberikan 10% pendapatan anda”
Kebohongan terbongkar :

Benar memang Yakub berjanji memberikan 10% harta miliknya, tapi –ini yang sering dilewatkan oleh para pastor– janji itu bersyarat!

Baca saja sendiri!
18Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya.

19Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus.

20Lalu bernazarlah Yakub: “JIKA Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai,

21sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka Tuhan akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. 22Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.”
Anda lihat kan di ayat 20, ada kata ‘jika’.

Yakub membuat syarat saat ia berjanji, beda dengan orang Kristen masa kini yang memberi uang begitu saja pada pastornya.
Yakub bilang, “Jika Engkau besertaku”, ” Jika Engkau memberi aku …”

Perpuluhan dalam kasus Yakub didasarkan pada apa yang Allah lakukan lebih dulu.

Pastor anda mungkin bilang bahwa jika anda membayar perpuluhan anda akan diberkati.

Kesepakatan Yakub bukan begitu.
Jika anda memutuskan mendukung suatu pelayanan dengan sumberdaya yang anda miliki, terserah, itu hak anda. Tapi perlu anda pahami bahwa anda tidak perlu melakukan sesuatu supaya diberkati.

Niat Yakub adalah ia ingin melihat berkat nyata dari Allah sebelum membayar perpuluhan.

Coba katakan pada pastor anda bahwa anda akan mendukung gereja HANYA SETELAH Allah memberkati anda sedemikian rupa, bukan sebelumnya.

Cara yang suka dipakai untuk manipulasi jemaat, klik ini. 

Kebohongan #3. Maleakhi 3:8-9 Jika anda tidak membayar perpuluhan anda akan dikutuk. Kalau anda tidak bayar perpuluhan sama dengan merampok Allah.

Di gereja lama saya, ini adalah ayat emas pastor saya dan dia tidak pernah lupa mengutipnya jika ada kesempatan.
10Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Kebohongan terungkap :

Kitab Maleakhi ditujukan bagi para imam yang hidup sebelum Yesus lahir dan sesudah Yesus mati.

Pastor yang telah mempelajari Alkitab — bahkan yang level elementer/dasar sekalipun– tahu kalau kitab ini ditujukan buat golongan imam.

Masalahnya, jemaat tidak tahu itu dan terus memberi dimotivasi rasa takut.

Jika anda menghadapkan saya dengan sekelompok orang, dengan cepat saya akan tahu mana yang kaya di antara mereka. Gereja juga punya ‘penciuman’ yang sama.

Tiap kali anda dibilang merampok Allah jika tak membayar perpuluhan, ketahuilah pastor anda sedang menggunakan kitab Maleakhi untuk memanipulasi anda untuk memberi. Maleakhi bukanlah kitab yang bisa anda baca begitu saja tanpa membaca permulaannya, karena jika itu dilakukan, anda akan berpikir Allah sedang bicara kepada anda.
Seluruh kitab Maleakhi ditujukan kepada para imam Lewi. Para imam adalah kelompok orang yang diijinkan mendekati altar persembahan, karena itu isi kitab Maleakhi berkutat soal kualitas persembahan.
Nih, buktinya…

Maleakhi 2:1-2

1Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam!

2Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman Tuhan semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.
Maleakhi 3:10

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan (daging) di rumah-Ku
Para imam menikmati daging persembahan bagian terbaik. Lemaknya mereka taruh di altar bakaran.

Dulu begitu, sekarang pun begitu.

Perpuluhan menjadi jalan paling cepat meraih kesejahteraan para pastor karena ia mendapatkan bagian yang terbaik.
Yang dimaksudkan di Maleakhi adalah makanan, daging. Beneran makanan. Tujuan Allah bilang begitu supaya orang punya makanan (beneran) untuk dimakan.

Makanan spiritual tidak banyak gunanya jika perut melilit kelaparan.

Jadi di perjanjian lama, perpuluhan berupa makanan itu ditujukan untuk dimakan dan dibagikan kepada orang miskin.

Sekarang saya tanya, kapan terakhir kali gereja anda memberi anda makan/uang?

 Kebohongan #4. Perpuluhan adalah pembayaran pajak kepada Allah

Matius 22:21

Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”
Banyak pastor mengutip ayat ini untuk mengatakan orang Kristen wajib membayar kepada Allah apa yang jadi milik Allah.
Kebohongan terungkap :

Ayat ini tak ada hubungan dengan membayar perpuluhan. Korelasi NOL.

Sekelompok rabbi di akhir pelayanan Kristus berkumpul dan mencari cara bagaimana membuat Dia bisa dikenai tuduhan melawan Romawi. Sebagai bagian rencana ini, mereka membawa koin yang ada gambar kaisar kepada Yesus.

Kelompok ini bertanya pada Yesus, haruskah mereka membayar pajak kepada penguasa Roma — yang gambar wajahnya dicetak pada permukaan koin sebagai penghormatan.

Maka Yesus menjawab mereka, “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

Jika uang itu dibuat untuk menghormati kaisar maka itu harus dibayarkan kepadanya.

Tapi wajah Allah tak pernah disematkan pada koin.
Yesus tak pernah mengenakan biaya atas kita untuk menyembah atau berdoa. Tapi untuk menyembah atau berdoa di sebuah gereja sering kita dikenai ‘biaya’ berupa perpuluhan.

Allah tak pernah memberlakukan ‘pajak Yesus’ atas kita, tapi pastor/gereja kita melakukannya.

Kita tak boleh punya Allah lain dan harus mengasihi sesama, kedua hal inilah pembayaran kita kepada Allah.

Tiap kali anda bayar perpuluhan berarti anda sedang membayar ‘pajak’ kepada Yesus.

Kebohongan #5. Perpuluhan itu ada di perjanjian baru.

Ibrani 7:8

Dan di sini manusia menerima persepuluhan dan mati, dan di sana Ia menerimanya, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.
Jemaat biasanya tak pernah mempertanyakan ayat ini, karena percaya kata-kata pastor mereka, bahwa ayat ini adalah bukti adanya praktek perpuluhan di perjanjian baru dan bahwa orang Kristen wajib bayar perpuluhan.

Benar-benar penipuan!
Kebohongan terbongkar :

Jika anda membaca satu pasal keseluruhan anda akan lihat jelas bahwa penulis Ibrani sedang menceritakan kembali misi penyelamatan Abraham di Kejadian 14. Jika tidak, maka anda akan mudah mendapat kesan dari ayat 1-9 penulis sedang menyuruh kita membayar perpuluhan. Padahal itu tidak benar.
Penulis Ibrani katakan ada orang yang mati karena menarik perpuluhan sekalipun bukan keturunan Lewi.

Jika anda benar-benar perhatikan Ibrani 7 maka anda akan lihat betapa seriusnya penulis menyoroti soal menarik perpuluhan oleh orang yang bukan keturunan Lewi.
Ibrani 7:8-11

8Dan di sini manusia menerima persepuluhan dan mati, dan di sana Ia menerimanya, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.

9Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,

10sebab ia masih berada dalam tubuh bapa leluhurnya, ketika Melkisedek menyongsong bapa leluhurnya itu.

11Karena itu, andaikata oleh imamat Lewi telah tercapai kesempurnaan — sebab karena imamat itu umat Israel telah menerima Taurat — apakah sebabnya masih perlu seorang lain ditetapkan menjadi imam besar menurut peraturan Melkisedek dan yang tentang dia tidak dikatakan menurut peraturan Harun?
Penulis Ibrani menunjukkan hormat kepada para imam yang adalah keturunan Harun, juga menunjukkan ketidakpuasannya kepada Taurat.

Saat ini tidak ada lagi imam Lewi yang hidup. Imam Lewi sajalah yang boleh menarik persembahan — menjelaskan mengapa banyak penipu yang mati.
8Dan di sini manusia menerima persepuluhan dan mati, dan di sana Ia kenerimanya, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.
Inilah alasan mengapa orang Yahudi yang hidup saat ini tidak mempraktekkan perpuluhan karena tak ada lagi imam Lewi yang masih hidup yang berwenang membawa perpuluhan ke altar — disamping mereka tidak tahu dimana altar yang sebenarnya berada.
Penulis Ibrani melanjutkan dengan kesimpulan bahwa kita tak punya imam menurut aturan Harun sebagaimana disyaratkan Taurat. Tapi kita punya Yesus, satu-satunya Imam Besar kita,
22demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat.

23Dan dalam jumlah yang besar mereka telah menjadi imam, karena mereka dicegah oleh maut untuk tetap menjabat imam.

24Tetapi, karena Ia tetap selama-lamanya, imamat-Nya tidak dapat beralih kepada orang lain.
Jika Yesus adalah satu-satunya Imam Besar yang sah sesuai dengan aturan Melkisedek, lantas… ngapain anda bayar perpuluhan anda kepada pastor anda?

BACA JUGA The Passion.

Bagian 1 :

http://pimppreacher.com/post/85465755530/five-lies-that-tricked-you-into-paying-tithes-lie
Bagian 2 :

http://pimppreacher.com/post/85466723605/five-lies-that-tricked-you-into-paying-tithes-lie
Bagian 3 :

http://pimppreacher.com/post/85467917625/five-lies-that-tricked-you-into-tithing-lie-3
Bagian 4 :

http://pimppreacher.com/post/85468600330/five-lies-that-tricked-you-into-tithing-lie-4
Bagian 5 :

http://pimppreacher.com/post/85469018350/five-lies-that-tricked-you-into-paying-tithes-lie

44 Comments Add yours

  1. Bon says:

    Yang kebanyakan memaksa per puluhan kan ada di sekte kharismatik..
    Bahkan waktu kuliah dulu pernah ikut dalam pelayanan di salah satu sekte kharismatik, ceritanya banyak mahasiswa yg diberangkatkan orangtua mereka untuk menambah ilmu di kota besar, kondisinya berbeda beda ada dengan kiriman bulanan yang berkecukupan dan ada yang sangat kurang dari cukup, namun karena si mahasiswa ini dibebani dengan yang disebut per puluhan pembangunan, perpuluhan iman dll dy menjadi sangat susah dengan hal ini padahal dy pun masih dikirimi uang oleh orangtuanya , apakah gereja pantas menerima ini? Apakah iman di gereja itu tega mengambil uang ini? Tapi kita lihat gaya pelayanan sekarang , pada umumnya sudah sangat jauh dari kata kesederhanaan. Mereka sudah berpakaian glamor dan memiliki mobil yang mewah lengkap dengan supirnya dan tinggal dirumah yang fasilitasnya wow… Dan sudah diketahui dari mana dia mendapatkan semua itu kalau bukan dari perpuluhan???..
    Maaf kebanyakan ini ditunjukkan dari sekte kharismatik.

  2. Mike says:

    Markus 12:33, 41-42, 44 (ILT) dan dengan mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap kekuatan, serta dengan mengasihi sesama seperti diri sendiri hal itu lebih utama daripada segala kurban bakaran dan persembahan.”
    Dan sambil duduk menghadap peti persembahan, YESUS memerhatikan bagaimana kerumunan orang itu menaruh kepingan uang ke dalam peti persembahan itu. Dan banyak orang kaya menaruh banyak.
    Dan ketika datang seorang janda miskin, dia menaruh dua lepton, yakni satu kodrantes.
    karena semua orang telah menaruh dari apa yang berlimpah padanya, tetapi dia dari kekurangannya, yaitu semuanya sebanyak apa yang ia miliki, dia telah menaruh seluruh kehidupannya.”

    Bukan seberapa besar jumlah persembahan tapi seberapa tulus engkau memberikan persembahan itu

    Markus 10:21-22 (ILT) Dan seraya memandang kepadanya, YESUS mengasihinya dan berkata kepadanya, “Satu hal padamu yang masih kurang: Pergilah, juallah sebanyak apa yang engkau miliki, dan berikanlah kepada orang-orang miskin, dan engkau akan memiliki harta di surga; dan, marilah, ikutlah Aku sambil memikul salib!”
    Namun, karena sedih atas perkataan itu, pergilah dia dengan murung, sebab ia memiliki banyak harta.

    Ketulusan dalam memberi itulah yg Tuhan inginkan, jadi gak perlu ribut soal perpuluhan lagi ya, mau miliki harta di surga? Berikanlah hidupmu untuk menjadi berkat dan berkatilah orang2 disekeliling mu dengan apa yg dipercayakan kepadamu.

    Kita diberkati untuk menjadi berkat bagi orang lain.

    Have a good day and God Bless Us

    1. ben-maggot says:

      ini satu lg kebohongan pro pp .memakai argumen tentang seorang janda yg memberikan persembahan!!
      wahai pembohong!! tahu kah anda bahwa dialkitab para janda tidak diperbolehkan bayar perpuluhan?malahan para janda mendapat perpuluhan ditahun ke 3 .silakan baca habis ulangan 14:22-29
      berhentilah menipu wahai hamba2 mamon !!

  3. Papikikomakomiko says:

    Yg nulis sesat…perpuluhan itu ketetapan Tuhan dan itu milik Tuhan dan itu ada ayatnya, Imamat 27:30 (TB) Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
    Justru dengan Perpuluhan itu kita diajar utk bisa mendengar suara Tuhan, krn dari perpuluhan yg merupakan Milik Tuhan inilah maka DIA yg memiliki perpuluhan ini yg menentukan hendak dibawa kemana perpuluhan tsb dan selalu ada bagian yg menjadi bagian bani Lewi atau para FULL TIMER greja atau Hamba2 TUHAN yg melayani mimbar seperti yg tercatat jelas dalam Ulangan 14 : 22-29…. hanya org2 yg mencintai Tuhan yg melakukan apa ketetapan Tuhan dan pertama2 dalam hal perpuluhan ini krn Yesus juga ajar kita tdk bisa menyembah 2 Tuan …harus pilih Tuhan ato mamon….tetapi memang perpuluhan tidak harus selalu ke Greja tetapi kemana saja Tuhan berkehendak perpuluhan itu mengalir kemanapun DIA mau, tetapi selalu ada bagian utk Hamba2 Tuhan…..demikian……semoga membantu

  4. Feras says:

    Pusing amat u ama perpuluhan… suka2 u lah mau bayar apa engak… biar nanti kiamat baru semua tulisan u ini diperhitungkan.. jadi sabar aja bro… pas u mati jg u akan tau tulisan u ini bener atau engak…

    Yg pasti gw perpuluhan uda ratusan juta broo dan kaga miskin2 amat gw bro….

  5. ryni alvina says:

    saya tidak memberikan perpuluhan saya pada pastur saya.saya hanya memberikan pada Tuhan melalui gereja saya.apapun yg gereja prbuat itu bukan bagianku lg.tapi melalui doa perpuluhan yg saya ikut imani.uang yg suda saya berikan ke Tuhan mnjadi berkat buat bnyk orang.skalipun yg mnerimanya hamba Tuhan.tanpa memikirkan trlalu jauh apakah tepat trsalurkn ataupun mngadili dia yg mnerimanya.saya takut brlaku picik ttg org tsb.siapa saya??toh jg smua brkat datang dari Tuhan.Tuhan mberkati org2 yg mnjalankan sgala perintahNya bahkan mberikan berlipat kali ganda.iya dan amin

  6. Samuel Yafeet says:

    tiap bulan gue bayar perpuluhan, ehh ga taunya pendeta gue beserta keluarga malah jalan-jalan keluar negeri…. sial !!

    1. Garfield says:

      Penggunaan dana publik yang dikumpulkan dari duit jemaat entah itu dgn label persepuluhan, buah sulung, persembahan untuk bangsa-bangsa, dll, dsb.nya. pada umumnya tidak ada pertanggungjawabannya kepada jemaat. Jemaat dibungkam oleh para penikmat duit itu dgn kalimat “itu adalah urusan pendeta dgn Tuhan, yang penting jemaat itu taat dan lakukan saja”. Penyimpangan dalam skala besar itu mungkin masih bisa terungkap seperti kasus Gemsid Bethany yg dituduh koleganya sendiri menyalahgunakan duit gereja, meski kasus ini tiba2 aja ditutup. Juga kasusnya CHC, Ps. Kong Hee yg sudah divonis penjara 8 thn oleh pengadilan Singapore krn penyalahgunaan duit gereja.
      Namun, dalam kasus2 yg skalanya lebih kecil yang mungkin tidak akan pernah terungkap akan terus dilakukan terus menerus dari generasi ke generasi selama jemaat tidak pernah menyadari bahwa mereka telah dimanipulasi dan diintimidasi dgn menyalahgunakan ayat2 Alkitab.
      Apalagi jemaat telah dikondisikan untuk tanpa sadar mengkultuskan sang pendeta, sehingga apapun yang dikatakan pendetanya langsung ditelan mentah-mentah tanpa mau mengujinya lagi dgn Alkitab sbg standard kebenaran.

    2. Michelle Agustien Humbas says:

      Berarti kasusnya mirip dgn yg terjadi pada saya… Uang PERPULUHAN di makan sama keluarga gembala!!
      Parahnya lagi semua pimpinan gereja menutupinya…
      Lebih anehnya lagi gembalanya masih berkotbah di depan jemaat seperti ga terjadi apa2…

  7. ben-maggot says:

    buat semua yg pro pp

    belajarlah alkitab dgn benar.buktikan sendiri perpuluhan digereja kalian itu adalah bentuk palsu dr yg ada dialkitab.
    silakan cari sampai bolak balik alkitab anda pun anda tak akan menemukan hukum perpuluhan harus berupa uang sebulan sekali kerumah tuhannya .mana ada kayak gitu !!!

    semua pendeta lulusan cum laude pun pasti ga akan saya skak mat kalau membela perpuluhan nan sesat dan palsunya itu !!

    1. ben-maggot says:

      ehhh ada ralat dikit sm komen sy diatas>>

      buat semua yg pro pp

      belajarlah alkitab dgn benar.buktikan sendiri perpuluhan digereja kalian itu adalah bentuk palsu dr yg ada dialkitab.
      silakan cari sampai bolak balik alkitab anda pun anda tak akan menemukan hukum perpuluhan harus berupa uang sebulan sekali kerumah tuhannya .mana ada kayak gitu !!!

      semua pendeta lulusan cum laude pun pasti akan saya skak mat kalau membela perpuluhan nan sesat dan palsunya itu !!

      1. Garfield says:

        Manipulasi dan intimidasi secara sistematis dan terus-menerus mengenai doktrin PP ditambah pengajaran manipulatif : jangan coba-coba mengkritik hamba Tuhan, jangan menyentuh biji mata Allah, penggunaaan uang perpuluhan adalah urusan tanggung jawab pendeta kepada Tuhan, jemaat itu yang penting taat dan lakukan saja apa yang diajarkan, output-nya hanya menghasilkan jemaat yang tidak berpikir kritis, menelan mentah2 semua perkataan pendetanya, dan pada akhirnya mengkultuskan pendetanya, sehingga standard kebenaran bagi jemaat semacam itu adalah perkataan pendetanya, bukan lagi Alkitab.

  8. ben-maggot says:

    KETENTUAN-KETENTUAN PERPULUHAN DI ALKITAB YG DISEMBUNYIKAN OLEH PARA PENGAJAR-PENGAJAR PRO PERPULUHAN KRISTEN YG TIDAK INGIN KAMU MENGETAHUINYA !!!!!
    .
    .
    ____________________­____________________­_________________
    .
    perpuluhan sebenernya hanya berlaku untuk bangsa yahudi selama mereka tinggal di tanah perjanjian,buat org lewi yg tak punya tanah perjanjian dan hanya melayani bait yerusalem :
    Bilangan 18:26
    “Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,
    Nehemia 10:38
    Seorang imam, anak Harun, akan menyertai orang-orang Lewi itu, bila mereka memungut persembahan persepuluhan. Dan orang-orang Lewi itu akan membawa persembahan persepuluhan dari pada persembahan persepuluhan itu ke rumah Allah kami, ke bilik-bilik rumah perbendaharaan.
    Bilangan 18:28
    Secara demikian kamupun harus mempersembahkan sebagai persembahan khusus kepada TUHAN sebagian dari segala persembahan persepuluhan yang kamu terima dari pihak orang Israel. Dan yang dipersembahkan dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN haruslah kamu serahkan kepada imam Harun.
    Ibrani 7:5
    Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.
    sehingga sangat tidak mungkin perpuluhan berlaku buat org kristen!!!
    ____________________­____________________­_________________
    .
    perpuluhan tidak pernah diajarkan oleh YESUS dan gereja kristen mula2 yg dicatat dalam kitab PB:
    Matius 9:13
    Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”
    YESUS tdk menghendaki lg semua jenis persembahan yg dilakukan oleh para farisi ,para farisi melakukan semua jenis persembahan berdasarkan ketentuan hukum taurat.dgn ucapan YESUS tersebut memberitahukan bahwa YESUS membatalkan jenis2 persembahan yg ada dihukum taurat termasuk PERPULUHAN !!!
    .
    .
    1 Timotius 6:
    3 “Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita”.
    4 “Ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga
    5 “Percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.”
    .
    .
    kis 4:
    Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.

    33 Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.

    34 Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa

    35 dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.

    36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.

    37 Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.
    —> apabila emang ada perpuluhan digereja kristen mula2 maka barnabas seorang lewi yg menjadi kristen tentulah dia meminta haknya yakni mendapat perpuluhan dr jemaat2 kristen mula2.krn dihukum taurat jelas2 menulis para lewi WAJIB mendapat perpuluhan bukan malah bayar perpuluhan !!!
    ____________________­____________________­____________________
    .
    perpuluhan yg dialkitab hanya berlaku bagi mereka para yahudi yg kaya raya,sesuai konteks dijaman PL maka profesi peladang dan peternak memiliki strata ekonomi paling tinggi :
    ulangan 14:
    22 “Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.

    23 Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.
    Nehemia 13:12
    Maka seluruh orang Yehuda membawa lagi persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak ke perbendaharaan.
    Imamat 27:32
    Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN.
    Imamat 27:30
    Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
    ———-> dgn demikian org tua maupun YESUS sendiri beserta murid2 YESUS tak pernah melakukan perpuluhan krn mereka semua tdk ada yg berprofesi sebagai peladang dan peternak
    ____________________­____________________­____________________­_
    perpuluhan yg ada dialkitab harus berupa hasil ladang dan ternak setahun sekali kebait yerusalem tdk boleh berupa yg lain termasuk uang:
    ketentuan apabila perpuluhan berupa uang=
    ulangan 14:
    24 Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu,

    25 maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu,

    26 dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.

    27 Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau.
    —-> sehingga perpuluhan berupa uang sebulan sekali kerumah TUHAN adalah bentuk PELANGGARAN HUKUM TAURAT !!!
    ____________________­____________________­___________________
    siapa penikmat perpuluhan :
    Bilangan 18:
    26 “Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu, 27 dan persembahan itu akan diperhitungkan sebagai persembahan khususmu, sama seperti gandum dari tempat pengirikan dan sama seperti hasil dari tempat pemerasan anggur.28 Secara demikian kamupun harus mempersembahkan sebagai persembahan khusus kepada TUHAN sebagian dari segala persembahan persepuluhan yang kamu terima dari pihak orang Israel. Dan yang dipersembahkan dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN haruslah kamu serahkan kepada imam Harun.
    ——-> para lewi mendapat 90% total perpuluhan dr bangsa israel dan imam mendapat 10% total perpuluhan dr bangsa israel
    Nehemia 13:5
    menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas dan persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam.
    —–> para lewi yg meski hanya menjadi penjaga pintu gerbang rumah TUHAN maupun para penyanyi/song singer pun mendapat perpuluhan
    ____________________­____________________­_________________
    .
    skema perpuluhan yg alkitabiah:
    tahun ke 1 : buat suku lewi dan imamnya di rumah TUHAN ulangan 14: 22 “Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun. 23 Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.
    tahun ke 2 : sama dengan diatas
    tahun ke 3 : buat seisi kota yg didiami oleh sipemberi perpuluhan tersebut khususnya untuk para janda,org miskin,yatim dan lewi yg tinggal dikota itu ulangan 14: 28 Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu; 29 maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu.”
    tahun ke 4 : sama seperti tahun ke 1 dan 2
    tahun ke 5 : sama seperti tahun 1 dan 2
    tahun ke 6 : sama seperti tahun ke 3
    tahun ke 7 : tahun yobel,tidak ada perpuluhan . imamat 25:1-22 (silakan dibaca sendiri,terlalu panjang apabila ditampilkan disini)
    selanjutnya berulang kembali dr tahun 1 sampai 7
    ——> jd jelas perpuluhan berupa uang sebulan sekali oleh seluruh jemaat baik miskin maupun kaya kerumah TUHAN jelas bertentangan alkitab !!!
    ____________________­____________________­____________________

  9. saya says:

    Hmmm… apakah seorang penentang lebih baik dari yang di tentangnya?

    Jangan oleh karena pengertian kita sendiri kita merasa diri benar dan punya hak untuk membela apa yang kita yakini benar.

    Kita harus tahu kerinduan Tuhan cuma satu membawa semua manusia kembali kepada-Nya untuk menyembah.

    Jangan buang waktu untuk hal-hal perdebatan yg tidak mendatangkan kebaikan hanya mencoreng muka sendiri dan mempermalukan diri sendiri di muka umum (masa kristen sama kristen debat).

    Tuhan memberkati kalian semua

    1. Supranatural says:

      Apakah sesama Kristen akan membiarkan kesalahan pengajaran?

    2. ben-maggot says:

      ini salah satu teknik pembungkaman kebenaran.perpuluhan gereja itu perpuluhan palsu yg bertentangan dgn alkitab .
      belajarlah alkitab dgn benar wahai kristen.
      jangan mau tunduk sm ucapan gembala yg hanya melayani perut mereka sendiri

      berhentilah membayar perpuluhan palsu gereja anda.kalau gereja anda melakukan intimidasi krn anda menolak membayar perpuluhan (saya tahu beberapa aliran gereja ada yg maksa2 soal perpuluhan) tinggalkan gereja sesat itu !!

    3. Supranatural says:

      terima kasih. bagus sekali

  10. Stenly Tewal says:

    Saya salah satu pemberi persepuluhan dan selalu saya berikan tanpa melihat dan berpikir persepuluhan itu mau dipake apa sama pastur saya. Yang penting saya sdh kasih, urusan dipake salah sama pastur urusan dia dgn Allah. Sampai saat ini saya tdk pernah merasa rugi tapi trus diberkati. Jemaat mula-mula oke tdk kasih sepersepuluh, betul tdk ditulis tapi justru yg mereka kasih 100%. Jual tanah hasilnya dibagi semua. Kenapa kita kasih uang bukan hasil pertanian atau barang krna kita bukan petani, Tuhan berkati kita dgn mobil, rumah, dll, berapa harga barang tersebut dari situ kita hitung sepersepuluhnya. BAGI YANG DIBERKATI KARENA MEMBERI PERPULUHAN TERUSKAN DGN IMAN AKAN TERUS DIBERKATI. BAGI YG RAGU SILAHKAN BERDOA & SHARING DGN PELAKU PERSEPULUHAN APA USAHA/PEKERJAAN MEREKA RUGI ATAU UNTUNG.

    1. Supranatural says:

      Kalau PERPULUHAN adalah milik Allah, bukankah kita harus bertanggung jawab dan pakai hikmat justru lebih dari kalau kita mengelola uang kita sendiri.

  11. ben-maggot says:

    perpuluhan yg anda lakukan hanyalah bentuk dogma gereja semata.kalau pendeta anda ngaku2 perpuluhan mereka itu sesuai dgn alkitab itu jelas pendeta telah berbohong.
    apakah anda mau tetap dibohongi,itu hak anda

  12. ben-maggot says:

    omong2 kalian pengajar dan pelaku perpuluhan palsu gereja kok pd out of topic sih.ga bs membantah isi ts diatas yah??
    emang sih perpuluhan palsu gereja kalian itu emang tak ada dalil alkitabnya.

  13. Danny Wijaya says:

    persepuluhan itu buat saya sih nggak ada masalah asalkan transparan, tetapi sekarang ini banyak disalah gunakan oleh pendeta untuk memperkaya diri …, mengabaikan jemaat yg miskin, menjilat kepada yg memberi banyak ..

  14. tabitha herlina says:

    Perpuluhan it di tujukan untuk dana operasional greja dan perkembangan gereja,apabila kita tidak memberikan persepuluhan lalu dengan apa gereja yg kita tempati akan berjalan? justru dengan menghentikan kegiatan persepuluhan dan membuat omong kosong tentang perpuluhan anda menginginginkan greja greja di sini berhenti dr pelyanan.itu yg patut di pertanyakan apakah anda ini sudah paham betul tentang alkitab?

    1. Supranatural says:

      Tidak ada yang melarang memberikan perpuluhan. Tapi mewajibkan orang memberi perpuluhan seolah olah perintah Tuhan buat orang Kristen, adalah perbuatan tidak terpuji.

    2. Garfield says:

      Semua gereja butuh biaya operasional, namun tidak berarti cara mengumpulkan dananya jadi menghalalkan segala cara sampai memanipulasi ayat Alkitab mengenai PP pun jadi benar. Yang harus dilakukan bukan memanipulasi dan mengintimidasi jemaat dgn memakai ayat2 ttg perpuluhan, itu mungkin salah satu cara instant utk memaksa jemaat memberi kepada gereja, namun itu manipulatif, seharusnya pendeta2 itu mendidik dan menyadarkan jemaat untuk ikut bertanggung jawab dgn gerejanya bhw keberlangsungan operasional gerejanya itu juga tergantung pada partisipasi mereka untuk menyokong gerejanya dalam hal dana.
      Ini fakta yang saya liat sendiri, banyak teman2 dan juga anggota keluarga besar saya yg rajin bayar perpuluhan sebenarnya mereka melakukan untuk kepentingan diri mereka sendiri. Kenapa? Karena takut pada ancaman kutuk yg diajarkan para pendetanya dgn memanipulasi ayat Alkitab. Ketika orangtuanya sendiri sakit dan butuh biaya pengobatan di RS, dengan enteng mereka mengatakan sori ya gak bisa ikutan share biayanya. Namun ketika mereka bayar perpuluhan mereka mengatakan itu bukti kasih mereka pada Tuhan, tetapi untuk orang tuanya sendiri yang sakit mereka tidak mau ikut berkorban dalam hal biaya rumah sakitnya. Bagaimana mengasihi Tuhan yang tidak kelihatan namun untuk orang tua didepan mata saja tidak mau berkorban? Bahkan ada yang mengatakan gak bisa kasi bulanan untuk orang tuanya karena duitnya pas-pasan masih harus bayar perpuluhan dan buah sulung. Kenapa sampai timbul pola pikir demikian?
      Pola pikir demikian timbul itu tidak lepas dari pengajaran manipulatif dan intimidatif dari para pengajar perpuluhan untuk mendapatkan dana dgn cara instant.

      1. Supranatural says:

        Itu yang perlu disadari. Kemungkinan karena jemaat dirasa pelit, pada awalnya, maka para gembala terpaksa pakai cara manipulatif. Para gembala sekarang banyak yang tulus dan mengajarkan PP karena ketidak mengertiannya. Namun banyak pula yang sebenarnya mengerti tetapi memang pakai cara ini untuk memastikan kenyamanan keuangan gereja dan diri sendiri

  15. Misuyo says:

    Kenapa anda menggunakan kata2 kasar spt.itu ? Jika berkata ttg.FA mintalah hikmat dr.Tuhan spy. kata2mu jadi berkat. Soal benar atau salah ,Kita gk.punya hak menghakimi org.lain tapi Tuhan yg. menghakimi dg.adil. Jika kita blm. faham berdoalah kpd.Tuhan yg. ber Firman ,Dia pasti menunjukkan kebenaran yg.benar .Termasuk perpuluhan , itu FIRMAN ALLAH.
    Bukan kebohongan/pembohongan.

  16. Rangga says:

    Persembahan adalah wujud kasih kita ke Tuhan. Mau atau nggak mau itu urusan pribadi.. jangan terpaksa.. atau menghakimi orang lain.

  17. Al In says:

    Alkitab itu bukan sekedar buku sejarah. Itu ditujukan untuk kita walau kita hidup 2016 tahun sesudah Tuhan Yesus. Jadi, walau sebagian ayat2 di tujukan ke imam Lewi, sebagai contoh, bukan kan kita orang berdosa ini bisa dibilang imam Lewi? Tuhan ga perlu uang and jalan pikiranNya melampaui pikiran manusia. Saat kita memberi (entah uang itu disalahgunakan), kita akan diberkati lebih lagi. Contohnya: anak yang memberikan dua ikan dan lima roti kepada Yesus. Saat anak itu memberi, bukankah Tuhan melipatgandakan? Waktu anak itu memberi, apa dia tau apa yang akan terjadi kepada makanannya? sama dengan kita, kita tidak tahu apa yang terjadi dengan uang perpuluhan kita. Tp dengan iman, kita pasti diberkati. Kita cuma bisa berdoa supaya uang tersebut digunakan untuk hal2 yang baik.

    Cerita pribadi: Saya belajar perpuluhan sejak kecil. Pas dikasih uang dari mama atau saudara, saya sisihkan sebagian untuk perpuluhan atau persembahan. Sekarang saya melihat bagaimana Tuhan memberkati hidup saya secara financial. God is faithful. His word is true.

    Alternative untuk orang yang ga percaya dengan perpuluhan: Sobek halaman di alkitab yang mengajarkan kita untuk perpuluhan. Kalau ada ajaran2 yang ga anda suka, sobek juga halaman itu. Trus liat deh berapa halaman yang sisa. Thats a good measure to assess your belief in Christ.

  18. awam says:

    Punten… yang nulis blog bayar perpuluhan ato gk ya?

  19. Rose says:

    Pembahasannya sangat menarik, membuat sy melihat perpuluhan lebih dalam, sy ijin ikutan ya saudara saudari, bapak & ibu sekalian.

    Menurut sy kata2 Al In cukup bijaksana, karena memang kt tidak dapat memisahkan perpuluhan dr Alkitab & banyak juga yg memberikan komentar2 yg membangun & dari sudut pandang yg berbeda. Sy menghargai pendapat kalian masing2, karena pemikiran tiap2 org pasti berbeda2, jadi terimakasih atas pendapat kalian semua.

    2 Kor 9 : 7
    Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

    Mungkin cara pikir sy sangat sederhana, yaitu ketika sy mendapatkan berkat dr penghasilan atau usaha yg sy jalani, sy akan memberikan perpuluhan, tp ada jg masa ketika sy pas2an sy tetap berkomitmen memberikan perpuluhan, yg pasti perpuluhan sy sesuaikan dengan berkat yg sy terima, yg pasti tanpa keterpaksaan tp dengan sukacita & kerelaan hati.

    Sangat bersyukur digereja sy, jemaat membayar perpuluhan bukan kepada pendeta, perpuluhan yg masuk ditangani oleh beberapa akuntan khusus yg juga adalah anggota jemaat, setiap uang perpuluhan yg masuk ke gereja ada rekening khusus langsung atas nama gereja yg setiap pendapatan & pengeluarannya dijelaskan kepada jemaat setiap 6 bln sekali.

    Pendeta mendapat gaji yg mencukupi kebutuhan hidupnya, pasangan & anak2nya, yg ditransfer langsung oleh akuntan gereja dari rekening gereja.

    Uang perpuluhan dari jemaat digunakan untuk mission team ke daerah2, mendirikan panti asuhan, mendirikan yayasan yg membantu org2 yg miskin atau org2/ negara yg terkena bencana alam, anak2 yg tidak mampu bersekolah ada program anak asuh, kursus komputer gratis & pengajaran tentang pelajaran2 sekolah 1 minggu sekali. Bahkan saat ini yayasan yg gereja sy dirikan mulai menembus kalangan pemerintah & negara lainnya.

    Selain krn keuangan yg jelas & jug aprogram yg dijalankan juga jelas, membuat sy tidak merasa kuatir dengan perpuluhan yg sy berikan, namun kalaupun ada hal yg menyimpang tanpa sepengetahuan sy/ jemaat (kalau manusia mau berbuat tdk benar pasti bisa, karena itu adalah pilihan), sy percaya Tuhan mengetahuinya & Tuhan akan menegakkan kebenaran, tiap2 org akan mendapat ganjaran sesuai dengan perbuatannya.

    Ada sangat banyak doktrin, pengajaran, isi Alkitab yg disalah artikan atau dijadikan suatu acuan untuk kesejahteraan pribadi. Tapi yg sy lihat pendeta sy tidak hidup berkelimpahan, tapi berkecukupan, hidup dengan rendah hati, tidak glamour & mereka menolak uang yg jemaat/ org2 mau berikan kepada mereka ketika mereka melayani, mereka hanya mengandalkan gaji mereka dari gereja & juga dari bisnis yg mereka dirikan (jika mereka ada bisnis pribadi/ keluarga). Sebenarnya mereka bisa mendapat uang lebih banyak jika mereka bekerja diluar seperti org2 pada umumnya, mengingat banyak dari mereka adalah lulusan luar negeri dg nilai2 yg sangat baik, tapi mereka memilih hidup sederhana untuk melayani Tuhan.

    Hal2 inilah yg membuat sy tidak ragu dalam memberikan perpuluhan, karena sy melihat nama Tuhan semakin dipermuliakan, perpuluhan yg sy berikan dipergunakan dengan benar, banyak org2 yg terbantu & terberkati & yg terutama adalah karena Tuhan adalah Allah yg tidak akan berdiam diri jika ada hal2 yg tidak benar dalam jemaatNya, tiap2 org mendapat balasannya sesuai perbuatannya (mungkin hukuman tidak didapat di dunia, tapi bisa juga setelah kematian).

  20. 349LE says:

    Saya beri perpuluhan karna saya tidak pelit. Orang yg mempermasalahkan perpuluhan gereja biasanya hidupnya di penuhi dengan kegiatan “MENCARI KESALAHAN ORANG” . Jadi tidak ada gunanya berbantah bantah. Bagi anda yang sudah rutin bayar perpuluhan, dipastikan anda orang yg suka berbagi, (karna berbagi bukan cuma soal duit) tidak berkekurangan. Tapi bagi yg mempermasalahkan perpuluhan, terlebih sudah menyinggung aliran lain, dan menyalahkan pemimpin jemaat, berarti dia tipe orang selalu menganggap diri benar, karna Firmat Tuhan aja di bantah.

    Saya tetap memilih untuk bayar perpuluhan.Karna itu Firman Tuhan…..

    Kalu yang masih mengganggap perpuluhan keinginan pastur/gembala/pendeta….jangan beri perpuluhan dan jangan menghasut orang untuk tidak bayar perpuluhan….

    1. Garfield says:

      Memberi perpuluhan itu bukan dgn dasar “karna saya tidak pelit.” dan juga tidak ada orang yang bisa melarang anda untuk bayar perpuluhan karena itu uang anda.
      Saya mengenal dengan sangat baik orang yang rajin memberi perpuluhan juga buah sulung, namun pelitnya luar biasa. Bahkan terhadap orang tuanya sendiri. Tidak ada yang bisa memastikan hanya karena seseorang itu rajin bayar perpuluhan maka dia pasti suka berbagi. Itu hanya slogan kosong. Justru orang saya kenal sangat rajin bayar perpuluhan ini dikenal dalam keluarga paling egois dan tidak suka berbagi, dengan orang tuanya sendiri saja dia bisa tega.
      Jadi, ini tidak ada korelasinya soal pelit atau tidak pelit karena itu menyangkut masalah KARAKTER.
      Bila punya waktu anda bisa pelajari lebih dalam tentang pembahasan perpuluhan dari berbagai literatur, kemudian bandingkan dengan apa yang tertulis di Alkitab sebagai parameternya, bukan hanya dari satu sumber apa kata pendeta gereja lokal, maka itu akan membuka wawasan anda lebih luas.

      1. Supranatural says:

        Ya setuju. Bahkan Yesus juga melihat orang2 yang bayar perpuluhan, telah melupakan hal yang seharusnya lebih penting untuk dilakukan. Membayar perpuluhan membuat kita merasa sudah melakukan kewajiban kita sehingga kita memiliki hak untuk masa bodoh terhadap penderitaan orang di sekitar kita.

  21. piorenta says:

    Kalo sdh mempercayakanTuhan dihidupmu Uangmu 100% milik Tuhanlah….kalo misalnya kasih 10%
    Blm bs ya gak papa jg jgn dipaksa….kita ini ciptaan Tuhan…dan kalau merasa bukan ciptaan Tuhan ya gak usah repot2 bayar perpuluhan gak papa .
    Bro…Hidup dibumi hanya sementara…kita diciptakan untuk kekekalan…

    1. Richard Saragih says:

      Untuk apa dipersoalkan…, apalagi sampai membuat statement sesat. Biarlah orang dengan keyakinan terhadap apa yang dia yakini dari firman Tuhan di Alkitab. Isi Alkitab “Iya dan Amin” dan “Tidak boleh ditambah dan dikurangi”. Saya sangat diberkati Tuhan setelah saya memilih untuk “Memberi Perpuluhan”, bahkan sampai melimpah… sehingga menjadi berkat bagi orang lain

  22. Taat says:

    Sy jemaat bkan pendeta.. Sy memberikan persepuluhan bkan krna di paksa pendeta sy.. Sy melakukan bagian sy.. Dan trserah pdt mw di kelolah seperti apa.. Pdt akan bertanggung jwb kpd Tuhan.. Dy kelolah sperti apa persepuluhan jemaat.. Tuhan kita hidup.. Klo emg pdt slah kelolah pasti Tuhan akan tegur sndri.. Kita jemaat melakukanny sja yg patut di lakukan.. Dan taat atas otoritas gembala yg sudh Tuhan percayakan mengembalai kita.. Akhir zaman emg byak penyesat.. Hati” anak” Tuhan

    1. Supranatural says:

      Bukankah kita juga harus lebih bertanggung jawab, kalau percaya yang 10% adalah milik Tuhan, seharusnya kita pastikan jumlah itu jatuh ke tangan yg benar2 Tuhan mau

  23. dodo8227 says:

    Baca lagi Alkitab dengan baik.

    Perpuluhan itu bentuk syukur dan dilakukan bukan hanya oleh umat tapi oleh lewi juga. Baca kisah Musa dan Hasrun.

    Lalu apakah kita tidak perlu bayar PP lagi?

    Jawabannya.
    Kisah Musa dan Harun jadi pedoman, bahwa kita memperoleh “tanah perjanjian” dari Allah, kita dimampukan untuk menghasilkan dan bekerja. Hasilnya berupa apa saja. (Zaman dulu belum kenal uang , kan mereka sedang dalam pengembaraan di gurun, dan zaman dulu emas dan perak ialah alat tukar seperti uang).

    Kita bawa bagian PP kita sebagai ucapan syukur bukan sogokan kepada Allah.

    Ibaratnya Allah itu tuan tanah dan kita diizinka untuk mengelola dan kita hanya diminta 10% (nggak bikin miskin) dari hasil terbaik untuk para pelayan Tuhan.

    Bukan hanya untuk orang kaya tapi semua umatnya. (Baca lagi kisah Musa dan Harun)

    Perjanjian baru.
    Para Rasul bahkan hidup dalam komunitas yg 100% menyerahkan harta benda untuk pekabaran injil.

    Jika kita menyesalkan kasus penyelwengan PP oleh para pelayan Tuhan hari ini.

    Itu memang urusan kita juga, tapi bukan menjadikan kita kecewa dan membuat kita tidak memberi PP lagi.

    Bagian kita memberi, jika ada penyelewengan doakan dan jangan ragukan kuasa Allah atas umat-Nya dan para pelayana-Nya.

    Terimakasih

  24. Richard Saragih says:

    Saya sangat diberkati setelah saya berikan perpuluhan…, tingkap2 langit dibuka dan berkat dicurahkan. dari kitab Kejadian sampai Wahyu hanya Maleakhi 3:10-11 yang menyatakan Garansi untuk menguji Tuhan : 10. dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
    11. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.
    Ini jelas firman Tuhan.
    Bagi saya setelah saya memberi perpuluhan dengan tulus, urusan saya dengan Tuhan sdh saya laksanakan, bila ada hamba2 Tuhan yang menggunakan perpuluhan itu untuk kepentingan diri sendiri. itu urusan Hamba Tuhan tsb dengan Tuhan. selesai.

  25. markus says:

    Saya bukan pastor.setuju dgn anda.
    Pertanyaan saya utk anda.dengan apa misi gereja dibiayai.
    Penginjilan.pembangunan rumah ibadah. Pembuatan cetakan dll

    1. Supranatural says:

      Gereja saya di Perth sedang membangun gedung gereja baru karena tempat yang lama oleh tata kota tidak diperbolehkan buat pertemuan umum. Mereka akhirnya bisa membiayai dari pengumuman akan kebutuhan, dan jemaat memberi demi gedung itu, tanpa harus pakai cara2 manipulatif.

  26. Richard Saragih says:

    Bagaimana cara un follow situs ini ?, saya blokir saja ya…., sorry.
    God bless you all

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s