Pahlawan pembinasa??

  
Gregory Brown adalah seorang petugas pemadam kebakaran yang tenar di kota Boulder, Colorado. Berbagai bintang jasa diterimanya, dan dia sangat dicintai oleh penduduk kota itu. Tahun lalu ketika suatu daerah red light district yang dikenal kehidupan malamnya terbakar, Greg telah menjadi pahlawan. Dia begitu berani menerobos kobaran api dan menyelamatkan tujuh jiwa yang terjebak disana, menyisakan 3 korban yang hangus tak dapat dikenali. Suatu tindakan yang hanya bisa dilakukan oleh seorang yang pemberani. 
Sebelumnya, Greg juga berjasa menyelamatkan beberapa dokter dan perawat dari sebuah klinik spesialis untuk para wanita yang hamil diluar rencana. Gregory Brown adalah seorang pahlawan lokal, disegani, rajin beribadah, bermoral tinggi, dan suka membantu orang yang membutuhkan. 
Suatu hari, Gwen, istri Greg, minta bertemu dengan pendeta dimana mereka beribadah. Gwen mengeluh. Suaminya suka marah dan begitu benci dengan praktek prostitusi di kota Boulder. Moral Greg yang tinggi membuat dia jijik dan suka berkata bahwa dia akan menghabisi para pendosa itu. Gwen merasa curiga bahwa Greg berada dibalik kebakaran itu. Sang pendeta tidak percaya dengan keluhan Gwen, karena Greg adalah salah satu jemaat yang terbaik, suka menolong, dan bahkan dia berani mengambil berisiko kehilangan nyawanya, ketika menolong korban kebakaran yang terjebak itu. 

Ternyata Gregory menderita DID (Dissociative Identity Disorder ) atau dengan istilah awam, Multiple Personality Disorder, kepribadian ganda. Dia, sebagai orang yang bermoral, sangat membenci praktek pelacuran dan aborsi, sehingga dengan kebenciannya, dia berpikir untuk menolong Tuhan, dengan membakar dan menghancurkan kedua tempat itu, pelacuran, dan klinik aborsi. Namun, dia juga seorang anggota pemadam kebakaran yang baik, dan melakukan tugasnya dengan sepenuh hati. Dia tidak ragu ragu untuk menerobos api, dengan risiko jiwa yang dapat melayang, demi menyelamatkan para korban. 
Gregory Brown, seorang yang anti dosa, pembinasa yang keji; namun dia juga seorang penyelamat, yang banyak mendapat pujian orang.



Bagaimana pandangan kita terhadap Tuhan? Banyak orang percaya yang berpikir bahwa Tuhan memiliki sifat seperti Greg. Karena kebencianNya terhadap dosa, maka dia mengirimkan gempa bumi, tsunami, kecelakaan, sakit penyakit, dan sebagainya, dan kemudian dia juga muncul untuk menolong para korban hasil perbuatannya, dan kemudian kita puji dia. Dia menyembuhkan orang dari penyakit yang dikirimnya. Dia menyelamatkan sebagian kecil dari korban tsunami yang dibuatnya sendiri, sehingga dia dikatakan sangat baik. Apakah Tuhan kita seperti Greg? Apakah Dia memiliki penyakit pribadi ganda? Pembinasa, dan penolong sekaligus? Dissociative Identity Disorder ?
Pada setiap kejadian malapetaka alam, yang masih segar dalam ingatan kita; tsunami Aceh, badai Katrina, tsunami di Jepang, gempa di Nepal, dan masih banyak lagi, kita selalu mendengar bahwa Tuhan murka dengan orang orang disana, dan dia mengirimkan bencana besar untuk menghukum mereka. Juga didalam setiap bencana, kita sering mendengar kisah kisah bagaimana Tuhan yang begitu baik, menyelamatkan satu atau beberapa korban sehingga mereka selamat. Berita terakhir yang memuakkan, adalah Tuhan yang baik membunuhi orang2 Nepal dengan gempa, agar survivors nya dapat mendengarkan Injil kabar baik dari Tuhan yang penuh kasih. 

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa

Cara terbaik untuk mengenal Tuhan adalah melihat kehidupan Yesus. Yesus tidak pernah membuat orang jadi buta, tetapi dia mencelikkan yang buta. Yesus tidak pernah membunuh, membuat tsunami, menyebar sampar, membenci, membakar, dan sebagainya. Yesus tidak pernah mengirim badai, tetapi meredakan badai. Yesus tidak pernah memberi penyakit, dia adalah penyembuh.

Gregory mungkin menenderita penyakit kepribadian ganda, tetapi Tuhan kita memiliki kepribadian satu, yaitu kasih.

God’s justice is not retributive, but restorative.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s