Kerjakan keselamatanmu! Apa itu?

Kerjakan keselamatanmu! Apa itu?

Tulisan pendek ini mungkin akan sulit dimengerti karena cukup berbeda dengan yang kita sudah ketahui bertahun tahun. Namun coba kita baca dan renungkan perlahan lahan, agar kita bisa menangkap yang semestinya kita perlu mengerti, dan memerdekakan kita dari jerat kesalah mengertian.

Satu ayat yang sering kita gunakan didalam suatu diskusi, namun sebenarnya kita kurang mengerti artinya.

Filipi 2:12) Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir. 

Kalangan anti SSTS (sekali selamat tetap selamat) berkata bahwa kita harus mengerjakan keselamatan. Kalau tidak mengerjakan dengan baik, kita tidak akan selamat. Lalu kalangan pro SSTS akan berkata bahwa mereka menerima keselamatan, kemudian baru mengerjakan apa yang sudah mereka terima, dan mengajukan ayat selanjutnya, … karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu..



Mari kita melihat apa yang sebenarnya dimaksud paulus? Apakah kalangan SSTS, atau pihak yang anti SSTS yang benar? Mari kita melihat konteks di surat paulus ke jemaat di Filipi.
Di bagian awal, di Filipi 1: (19) karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku (soterio) oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.
Jelas sewaktu Paulus menulis surat ini, dia sudah percaya dan lahir baru. Dia tidak perlu di doakan atau ditolong Roh Kudus agar dapat keselamatan, hidup kekal bersama Tuhan. Namun mengapa dia merasa butuh didoakan? Tentu dalam hal ini keselamatan yang dimaksud adalah bukan agar dia lahir baru dan jadi orang percaya. Dia butuh didoakan dan ditolong Roh Kudus agar dia tetap dapat memuliakan Tuhan ketika Paulus di aniaya didalam penjara sesuai dengan konteks surat Filipi. 



Kalau kita baca apa yg terjadi di Filipi, maka kita akan tau bahwa keselamatan di ayat 19 berarti “bertahan dalam aniaya karena Iman pada Kristus, sehingga memuliakan nama Tuhan, sehingga tidak akan dipermalukan di hadapan Tahta pengadilan Kristus (BEMA)”. 



iman yang timbul dari Berita Injil,(28) dengan tiada digentarkan sedikitpun oleh lawanmu. Bagi mereka semuanya itu adalah tanda kebinasaan, tetapi bagi kamu tanda KESELAMATAN, dan itu datangnya dari Allah. (29) Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,
Sama dengan ayat sebelumnya, di ayat 28 kata keselamatan bisa dihubungkan dengan keberhasilan dalam menangani aniaya demi Kristus. Coba kita masuk ke ayat emas yang sering buat senjata, yaitu Filipi 2:12

Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, …



Tentu saja kita bisa melihat suatu pola di surat ini, dimana kata keselamatan tidak berbicara akan melepaskan diri dari neraka untuk hidup kekal bersama Tuhan. Sekarang kita baru bisa mengerti mengapa ada kata takut dan gentar. Mereka didalam aniaya, mengalami ketakutan dan kegentaran, akan berhasil bertahan demi kemuliaan Tuhan, dengan pengharapan akan kedatangan Yesus kembali.
Secara gamblang Paulus melanjutkan arti keselamatan di suratnya di ayat berikut…. (15) supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia, (16)sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah… 



Surat Filipi jelas, bahwa Paulus berbicara mengenai kemenangan didalam aniaya dan bukan cara untuk menggapai sorga. Adalah aneh apabila didalam satu surat yang membicarakan mengenai dorongan agar tetap kuat memuliakan Tuhan didalam penderitaan aniaya, tiba2 ada satu kata mengenai kehidupan kekal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s