SINERGI, kasih karunia style (bag2). Snow covered dung heap. 

Sambungan dari bag 1.   
Martin Luther, seorang reformer, yang terkenal di pertengahan abad 16, mengajarkan bahwa keselamatan kita peroleh bukan karena perbuatan tetapi pemberian kasih karunia yang cuma-cuma melalui iman. Salah satu kalimat di ajarannya yang tidak terlalu dikenal umum adalah “we are snow covered dung heap” atau tumpukan kotoran manusia yang di tutup oleh salju yang putih bersih. Kita yang kotor, karena tertutup oleh darah Yesus yang kudus, maka Tuhan memandang kita sebagai orang kudus. Kita tidak lain adalah kotoran yang diampuni. 
Kemungkinannya benar bahwa sebenarnya kita adalah sekotor tumpukan dung atau kotoran manusia. Dan oleh pengampunanNya, maka dosa yang merah menjadi putih seperti salju. Didalam perjalanan hidup, kita dapat memilih untuk tetap menjadi kotoran manusia yang diampuni. Oleh kasih karuniaNya melalui iman, seorang tai tetap diampuni karena imannya. Namun bagi sebagian orang, tetap hidup sebagai tai yang bersembunyi dibalik penutup salju, tidaklah nyaman. Paulus berkata agar kita bermetamorfosis oleh pembaruan pikiran kita, yang tentunya berakibat pada pembaruan tingkah laku kita. Ef4:23) supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu. Dari tai manusia, diubah dari dalam menjadi perabot yang mulia. 
2 Tim 2:(20) Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia (21) Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.
Kita bisa membangun hidup kita sebagai kotoran manusia, kayu, atau jerami. Kita tidak perlu khawatir hidup kita tidak berguna. Jaman dahulu, kotoran manusia dipakai sebagai bahan bakar untuk memasak. Dihadapan Tahta pengadilan Kristus, kita akan terbakar, tetapi tetap selamat, kalau itu pilihan kita. 1 kor 3:15b  tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api. Kita juga dapat membangun hidup kita dengan pertolongan Roh Kudus dengan dasar Emas dan Perak. Kita akan mendapatkan upah dihadapan Tahta itu. Keduanya tetap selamat, tetap berguna, tetapi ada yang menjadi perabot yang mulia, ada yang kurang mulia. 

Satu hal yang saya rindukan nanti kalau saya berpulang, Tuhan berkata, “Nug, you’re my good and faithful servant”.

Bersambung ke bag 3. 

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s