It Is Finished, sudah selesai semua?


Mengapa Yesus tinggal dibumi 40 hari setelah kebangkitan?

Diatas kayu salib Yesus berseru “Sudah selesai!” kemudian meninggallah juru selamat kita. Seluruh rencana keselamatan akhirnya terpenuhi ketika Yesus menyerukan kata-kata itu. Yesus telah menyelesaikan tugasNya sebagai manusia mortal dibumi untuk memberikan keselamatan bagi kita yang mau percaya. “Sudah selesai” berarti semua dosa kita sudah diampuni, kita dibenarkan sepenuhNya, dan kita sudah lengkap didalam Kristus Yesus. 
Namun mengapa Yesus setelah bangkit, tidak langsung naik ke sorga? Ini bukan berarti kita tutup Alkitab kita karena sudah tamat dan lalu tidak ada kelanjutannya. Memang tugas penebusannya sudah selesai sepenuhnya, namun kita perlu perhatikan apa yang dikatakan Yesus antara kebangkitan dan kenaikkan Dia ke sorga selama 40 hari. Selain menunjukkan ke sekitar 500 murid muridnya bahwa Dia benar benar bangkit, masih ada yang perlu Dia lakukan dan ajarkan ketika dia dengan Tubuh kebangkitan masih dibumi.
Urutannya sebagai berikut:

1. Sudah selesai

2. Damai bagi kita

3. Engkau mengasihiNya?

4. Ikutlah AKU.
2. Damai bagi kita. Sebagai orang Kristen yang sejati, kita tidak berhenti di nomor 1. Di Yohanes 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” atau PEACE BE WITH YOU. 

Kita masih perlu menerima damai sejahtera (peace atau pendamaian). Setelah diampuni, dibenarkan dan lengkap dalam Yesus, maka kita di damaikan dengan Allah Bapa. Mungkin kita saat ini, walaupun sudah selamat, kita tidak merasakan damai di hidup ini. Saya ingin memberitahu kabar baik, bahwa kita telah diberi damai ketika Yesus bangkit dari kubur.
3. Apakah engkau mengasihiNya? Orang Kristen sejati, mau ketika diajak mengasihi Tuhan. Di Yohanes 21:15) Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”  Mari kita melihat kebaikkan Tuhan, mari kita mengasihi Dia.
4. Mengikuti Yesus. Orang Kristen sejati, menjadi pengikut Yesus. Dimulai dari “sudah selesai” dilanjutkan dengan pendamaian, lalu kita mengasihi Tuhan, dan lalu kita menjadi pengikut Dia karena kita mengasihiNya. Yohanes 21:(22) Jawab Yesus: “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.”


Ketika Yesus menyelesaikan tugasnya sebagai manusia, bukan berarti tugas kita telah selesai. Kita perlu perhatikan kehidupan Yesus setelah It is finished. 

  

Kita mulai pertandingan kita dari garis finish. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s