Bertahan sampai selamat. Apa artinya?

  
Matius 24:(13) Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”
Kita harus bertahan apa? Dan selamat maksudnya apa? Kesudahan dari apa? Dalam memahami ucapan Yesus, tentunya dengan menggunakan satu ayat akan timbul kebingungan dan bisa menjadi Multi tafsir. Yesus dalam berbicara, tentunya memiliki suatu makna yang penting bagi pendengarnya. Pertama kita coba lihat, bertahan dari apa? Dan kemudian selamat dari apa? Apakah maksudnya selamat dan masuk surga kalau bertahan akan sesuatu?

Baca juga tulisan menarik Tribute to Pamela

Ketika para murid sedang mengagumi Bait Allah yang begitu megah, Yesus berkata bahwa tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain. Sesuai dengan judul dari fasal ini, BAIT ALLAH DIRUNTUHKAN, Yesus mengatakan apa yang bakal terjadi, yaitu keruntuhan bangunan yang menjadi pusat agama Yahudi. Kalau kita hanya membaca ayat 13, maka kata “kesudahannya” tidaklah jelas, maknanya sangat tergantung pada pengertian kita, atau mungkin Khotbah yang pernah kita dengar. Bisa jadi artinya rapture, atau kiamat, atau akhir jaman. Tetapi pada waktu itu Yesus sedang berbicara mengenai keruntuhan Bait Allah dan juga kota Yerusalem oleh tentara Romawi, seperti visi yang ditafsirkan oleh Daniel. Coba kita memparafrase kalimat di ayat 13 dengan pengertian ini. “Tetapi orang yang bertahan sampai pada KEHANCURAN BAIT ALLAH  akan selamat.”

Kemudian Yesus menceritakan akan apa yang akan terjadi, yang akan menjadi tanda-tanda sehingga para pengikutNya bisa mengerti kalau sudah waktu kesudahannya. Ini sebagian tanda yang coba bisa kita lihat.
Mesias palsu. Menurut sejarawan Josephus, diabad pertama ada lebih dari 120’individu yang mengaku diri sebagai Mesias. Mereka berusaha menyesatkan banyak orang. Kalau saat ini ada orang yang mengaku dirinya Yesus, mungkin segera dianggap sesat dan tidak lama lagi orang ini akan dimasukkan rumah sakit jiwa. Tetapi waktu itu, Yesus belum lama mati, sehingga orang yang mengaku dirinya sebagai Mesias, tidak terlalu mencurigakan sehingga Yesus perlu mengatakan dia penyesat. 

Bangsa melawan bangsa. Saat ini, tiap hari selalu ada perang, jadi berita bangsa melawan bangsa itu biasa. Namun waktu jaman Yesus mereka memasuki masa yang disebut PAX ROMANA atau masa damai. Pemerintah Roma begitu kuat sehingga tidak ada perang untuk waktu yang cukup lama. Kabar mengenai perang adalah sangat asing bagi generasi itu. Sewaktu mulai ada gerakan pemberontakan kaum Yahudi yang disebut kaum Zealot, maka Pemerintah menekan bangsa itu, mereka saling curiga, saling menyerahkan, dan banyak berita pemberontakan dan peperangan mulai mereka dengar. 

Mat 24:34 Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu. Angkatan atau Generasi yang mendengarkan Yesus pada waktu itu akan mengalami pembantaian dan kehancuran Bait Allah. CS Lewis mengatakan bahwa ini adalah THE MOST EMBARRASSING VERSE, karena nubuatan Yesus, pada pikirnya salah. Dia berpikir bahwa kita sampai saat ini setelah ratusan generasi, masih menunggu kejadian itu.  Namun kenyataannya, YESUS tidak pernah keliru, Dan benar benar sudah terjadi sebelum angkatan itu berlalu. Apabila kata angkatan atau generasi agak bisa di Multi tafsir, kita bisa baca di Matius 16:(28) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.”  Yang hadir disini artinya adalah yang hadir disini. 
BERTAHAN. Bagaimana dengan kata ini? Bertahan untuk apa? Bertahan dalam kesengsaraan, atau bertahan untuk selalu memperhatikan Sabat atau apa? Kalau kita melihat dari konteks ucapan Yesus di fasal itu, maka bertahan adalah tetap memegang teguh nasihat nasihat Yesus dalam menghadapi kehancuran Yerusalem. Banyak tanda tanda yang tetap harus mereka perhatikan, dan tindakan apa yang harus mereka lakukan ketika mereka mengalami tanda tanda itu. 

SELAMAT. Secara default, ketika kita mendengar atau membaca kata itu, sebagai orang Kristen, langsung kita akan hubungkan dengan kehidupan surga setelah kematian. Sekali lagi dalam memahami Matius 24, kita harus mengerti sejarah dan kehidupan waktu itu dan konteks dari fasal itu. 

Lukas 21:(20) “Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.

(21) Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, (22) sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. (23)Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, (24) dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu.”

Puji Tuhan dengan adanya Injil sinopsis dimana mereka saling melengkapi. Jaman abad pertama tempat yang paling aman adalah didalam fortress, atau didalam wall City (kota benteng). Kalau ada bahaya, misalnya orang melihat tentara hendak mengepung, tempat yang paling aman adalah masuk kedalam kota dan gerbang harus ditutup rapat-rapat. Yesus berkata keruntuhan sudah dekat. Orang2 yang berada di Yudea jangan masuk berlindung kedalam kota benteng seperti kebiasaan orang pada waktu itu, tetapi diperintahkan untuk bersembunyi ke atas Gunung, yang biasanya lebih berbahaya. Menurut sejarawan abad pertama, orang Yahudi yang mati lebih dari satu juta orang, dan tidak ada pengikut Yesus menjadi korban serangan tentara Roma di Yerusalem, karena mereka berlari ke atas Gunung. Jadi kata selamat disini, sesuai konteks adalah selamat dari pembunuhan tentara Romawi. 

Mereka yang berada di Yudea…” menunjukkan bahwa ini adalah kejadian lokal. Tidak termasuk yang tinggal di Cirebon, atau Jakarta. Sering orang bisa menafsirkan diluar apa yang dimaksud Yesus kepada para pengikutnya waktu itu. Tentu firman yang tertulis di Alkitab sangat bermanfaat bagi kita, tetapi tidak setiap bagian ditujukan untuk kita, di abad 21 ini yang tinggal di Indonesia. Kita yang hidup dijaman sekarang, tidak perlu takut hamil dan menyusui karena peringatan Yesus bukan untuk Anda. Jadi kata SELAMAT di kalimat diatas menunjukkan bahwa kalau para murid mau melakukan apa yang dikatakan Yesus untuk melarikan diri ke pegunungan, maka mereka tidak akan terbunuh oleh tentara Romawi.

Matius 24:(21) Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. 

Kita sering mengira bahwa peristiwa itu adalah peristiwa di akhir jaman sebelum kiamat. Perhatikan kata “tidak akan terjadi lagi”. Siksaan dahsyat itu tidak menunjukkan akhir dari segalanya, tetapi sesudah kejadian itu, waktu masih berlanjut. 

Kita sering dibingungkan dengan Matius 24:14) Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya. Pertanyaannya, apakah Injil sudah diberitakan ke seluruh dunia? Di jaman itu kata dunia belum tentu literal bumi, tetapi lebih berbicara mengenai dunia mereka, dunia yang diketahui pada waktu itu. Di Kolose 1:(23) Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya. Disini Paulus berkata bahwa Injil sudah dikabarkan keseluruh alam dibawah langit, sehingga bisa dikatakan “kesudahannya” sudah layak bisa terjadi. Saya percaya secara literal waktu itu Injil belum terdengar di Indonesia atau New Zealand. Namun Paulus, dan Yeus memakai istilah yang sama mengenai seluruh dunia atau alam dibawah langit. Dunia yang dikenal waktu itu. 

Kesimpulan. Kita sering mendengar berita-berita tidak mengenakan, seperti peperangan, itu bukan tanda kesudahannya sudah dekat. Ketika ada gempa bumi dan kelaparan, bantulah para korban, bukan kita bersiap melarikan diri dari Antikris. Bergembiralah dan berbahagialah karena kerajaan Surga semakin hari semakin nyata, melebarkan sayap di bumi ini. Mari kita ikut berpartisipasi dalam pelebaran kerajaan Surga, bukan persiapan untuk masa aniaya. 

Coba saya parafrasa kalimat yang sering dianggap menakutkan bagi kita.

TETAPI ORANG YANG TETAP MEMPERHATIKAN DAN MELAKUKAN INSTRUKSI YESUS SAMPAI PADA KEHANCURAN YERUSALEM, AKAN TIDAK TERBUNUH OLEH TENTARA ROMAWI. Mat24:13

4 Comments Add yours

  1. Theo Thomas says:

    Matthew 24:3Amplified Bible (AMP)

    3 While Jesus was seated on the Mount of Olives, the disciples came to Him privately, and said, “Tell us, when will this [destruction of the temple] take place, and what will be the sign of Your coming, and of the end (completion, consummation) of the age?”

    Apakah menurut pak Nug. Ke 3 pertanyaan dari murid Yesus di ayat 3 tsb seluruhnya telah terjadi?

    1. Kapan bait suci runtuh? (sudah terjadi). 2. Tanda2 kedatangan Yesus kembali? 3. Tanda2 akhir zaman?

    Saya setuju dengan pak Nug dalam hal Bertahan sampai selamat, dan masa aniaya besar / tribulasi sudah lewat (saya juga tidak menafsirkan adanya GAP teori di nubuatan Daniel).

    Tapi mengenai kedatangannya kembali dan akhirnya zaman masih banyak ayat2 lain di alkitab yang menjelaskannya yang menurut saya masih belum terjadi.

    Thanks buat new posting nya pak, I just sharing ya.

    Blessings, Theo Thomas

    Sent from my Windows Phone ________________________________

    1. Supranatural says:

      Memang saya tidak terlalu menjamah pertanyaan itu krn akan menimbulkan kontroversi. Nanti saya jelaskan posisi saya.

  2. suryakencana says:

    Terima kasih pak,bagus sekai keterangannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s