Berhenti, istirahat, atau mengikuti Yesus?

  
Yesus akhirnya mati diatas kayu salib. Lalu dimasukkan kedalam kubur. Semua dari para murid yang terdekat menghindar untuk menyaksikan kematian gurunya yang hidup dan dekat dengan mereka. Ada kemungkinan Yohanes saja yang hadir pada waktu itu. Saya tidak tau dengan alasan apa mereka tidak mau mengiringiNya sampai akhir. Mungkin mereka takut, mereka tidak tega atau tidak mau tau. Kita semua tau apa yang akan terjadi setelah Yesus dikubur, tetapi orang orang waktu itu tidak mengerti apa yang akan terjadi.
Saya bayangkan betapa kecewa para murid melihat Yesus yang dipikir akan membawa bangsa Israel merdeka dari pemerintah Romawi, ternyata mati dengan cara yang mengenaskan. Beberapa muridnya langsung kembali ke kehidupan sebelumnya. Mereka menjadi pencari ikan lagi dan tidak menjadi penjala manusia. Mungkin Matius tidak dapat kembali menjadi agen pemungut cukai dan mengikuti Petrus menjadi pelaut. Yang lain kemungkinan kembali ke profesi semula. Tidak dikisahkan di Alkitab, tetapi mungkin pelacur itu kembali ke pekerjaan asalnya. Mereka mengerti bahwa Yesus adalah Tuhan yang sudah mengampuni seluruh dosa mereka, sehingga mereka kembali ke kehidupan yang lama.

Kita semua mestinya bereaksi yang sama kalau kita jadi murid Yesus pada waktu itu. Kembali ke kehidupan lama, dan mengandalkan pengampunan dan kasih karunia yang tidak bersyarat. Namun ternyata Yesus belum selesai. Di hari ketiga, Dia bangkit. KebangkitanNya membuat para murid bersemangat lagi. Walaupun Yesus yang bangkit tidak lagi selalu hidup bersama sama para murid, tetapi Dia banyak menampakkan diri dan bahkan mempersiapkan sarapan. Dia masih melakukan berbagai mujijat, menunjukkan kepada dunia bahwa Dia bangkit. Menurut Paulus, Yesus menampakkan diri dihadapan lebih dari 500 orang. Yesus menjumpai kaum Sanhedrin dan orang2 yang menganggap Dia penipu. Sejarawan Josephus menyebutkan Yesus masih melakukan mujijat selama 40 hari itu. Alkitab tidak mencatat semua tetapi menyebutnya di injil Yohanes ayat terakhir. Eisibius yang hidup 2 generasi sesudah Yesus, menginterview beberapa orang yang mengenal orang yang hidup ketika Yesus dibumi sebelum diangkat ke surga, dan bahkan menulis beberapa ajaran Yesus waktu itu. Ajaran Yesus setelah kebangkitan berfokus pada ajaran Kerajaan Allah yang sedang datang
Setelah menyelesaikan bagian yang harus dilakukan, Dia lalu terangkat ke Surga, dan duduk di sebelah kanan Bapa. Pengangkatan ini disaksikan oleh orang banyak. Tetapi peran Yesus masih belum selesai. 10 hari kemudian, Dia mencurahkan Roh KudusNya kepada para murid di ruang atas. Pencurahan Roh Kudus inilah yang benar benar dapat mengubah kehidupan para murid, dari orang-orang yang kembali ke kehidupan lama, menjadi orang-orang yang menjungkir balik kan dunia. Pertumbuhan kekristenan bertumbuh luar biasa karena mereka benar benar mau melakukan perintah Tuhan dengan kuasa dan kemampuan yang diberikan oleh kepenuhan Roh Kudus, sesuai dengan tujuan mereka ada, yaitu melakukan pekerjaan baik.

Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Banyak orang percaya yang berfokus pada mujijat dan pertolongan Yesus seperti ketika Dia masih menjadi daging dan hidup di bumi, kemudian hanya mau berhenti disana. Ada yang lebih maju lagi, mengalami kelegaan karena seluruh dosanya sudah diampuni dan manusia lama telah mati bersama Yesus, namun mereka juga berhenti sampai disana saja. “Yang penting dosaku sudah diampuni dan mati masuk surga”, kata orang orang jenis ini. Namun ketika Yesus bangkit, dengan fokus pengajaran Kerajaan Allah, lalu Dia duduk di sebelah kanan Allah, dan mencurahkan Roh KudusNya, maka orang yang mau terus mengikut Yesus akan mau menjadi orang orang yang sudi melakukan pekerjaan baik yang sudah Dia persiapkan sebelumnya. 
APAKAH ANDA BERHENTI, DAN MATI BERSAMA YESUS, ATAU IKUT KEBANGKITANNYA MAU MELAKUKAN PEKERJAAN BAIK YANG DIPERSIAPKAN UNTUK KITA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s