FOCUS

Sebagai penggemar fotografi, saya suka memperhatikan yang dinamakan DOF atau Depth of Field, yang artinya kedalaman jarak yang terfokus. DOF bisa dibuat dangkal, yang artinya cuma sedikit yang tajam, seperti misalnya foto portrait, dan juga bisa dibuat lebar, untuk foto landscape. DOF yang dangkal sengaja dibuat agar orang melihat detail yang penting, dan tidak perlu memperhatikan background dan foreground yang kurang penting yang kelihatan kabur. Walaupun ada di gambar, namun yang terlihat segera  adalah obyek yang tajam gambarnya sedangkan yang lainnya tampak out of focus. Ini dinamakan dengan BOKEH. Untuk foto landscape, biasanya dipakai DOF yang dalam, daun yang tergeletak satu langkah dari camera, sama tajamnya dengan gunung yang terletak begitu jauh di jarak yang terhingga. Seorang fotografer yang handal tau bahwa setiap detail di hasil foto sama pentingnya dan saling menunjang. 

Demikian juga dalam mendalami Alkitab. Ada yang suka pakai DOF dangkal yang menimbulkan efek Kristen Bokeh, namun ada yang suka dengan DOF lebar yang menampilkan gambar seutuhnya. 

  

Baca juga tulisan menarik Tribute to Pamela 
SALAH FOKUS. Dengan menggunakan DOF yang dangkal, kita bisa berfokus pada HAL yang salah. Memilih ayat (Cherry Picking) yang kita cocok, belum tentu sesuai dengan apa yang Alkitab mau ajarkan. Didalam Alkitab ada ucapan manusia yang bukan firman Tuhan, kata2 Iblis, nasehat salah dari teman-tenan Ayub, atau detail dari perumpamaan Yesus yang sebenarnya hanya berfungsi untuk memberi latar belakang dari inti ajaran. Kalau kita memfokuskan pada hal hal itu, kita bisa kehilangan makna sebenarnya yang sebenarnya perlu kita resapi dan hidupi dengan benar. DOF dangkal bisa menyebabkan kita menghidupi kekristenan dengan prinsip hidup yang salah, kalau terfokus pada detail yang keliru.

FOKUS YANG BENAR. Didalam mempelajari kehidupan kekristenan, kita juga bisa berfokus pada hal yang benar. Dengan berfokus pada central dari kekristenan menjadikan kita belajar Akan Hal yang benar. Salib menjadi jelas sekali dan bisa kita pelajari dengan baik. Namun apabila kita memakai DOF yang dangkal maka bagian bagian lain dari Alkitab menjadi out of focus, blurr, dan kabur karena kita anggap tidak terlalu penting. Dengan cara pendekatan seperti ini, maka kejadian2 dan ucapan2 yang tidak di sekitar salib menjadi kabur maknanya, dan dianggap tidak perlu ada, hanya sebagai background penunjang ayat yang menjadi kegemaran kita. Kita akan rugi karena tidak dapat melihat dengan jelas bagian bagian Alkitab yang indah, yang sama pentingnya, kalau tidak lebih penting dari kematian Yesus, yaitu KEBANGKITANNYA. 

  

Seperti dikatakan diatas, para fotografer landscape biasa men setting cameranya untuk mendapatkan DOF selebar lebarnya, karena menganggap semua detil dari gambar yang ditangkap camera penting, untuk menciptakan sebuah foto yang indah dan utuh. Semua detail adalah bagus untuk mendukung terciptanya suatu gambaran yang ingin ditampilkan pemotret. Demikian juga kalau kita ingin menikmati gambar yang ingin disajikan oleh pembuat Alkitab, sebuah gambaran yang indah, gambaran kasih Tuhan yang menyeluruh. Berfokus pada salib akan memberi pengajaran bahwa semua dosa kita sudah diampuni. Namun kalau kita menggunakan DOF yang lebar, kita bisa melihat kebangkitan Yesus, dimana kita didalam Dia ikut pada kebangkitanNya. Kebangkitan yang menjadikan kita memiliki hidup kekal. Kebangkitan yang membuat kita memiliki semua yang diperlukan untuk hidup yang baik. Kebangkitan yang memampukan kita untuk berhasil ketika berusaha untuk menjadi seperti yang dikehendakiNya, 
Alkitab bukan saja hanya menampilkan gambar bahwa Tuhan mengampuni kita, tetapi suatu gambar utuh yang indah dimana kita diampuni dan dimampukan untuk hidup yang memuliakan namaNya, memancarkan dan menjadi saluran kasih Tuhan kepada sesama. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s